Drama Korea

25+ Tempat Wisata di Aceh Terbaru 2022-2023

Tempat wisata di Aceh – Banda aceh merupakan ibukota kota aceh yang memiliki puluhan tempat wisata yang baru baru ini hits populer dan terkenal dikalangan wisatawan lokal dan mancanegara.

Banda aceh atau aceh memiliki spot objek wisata yang yang menarik antar lain dari situs budaya, situs sejarah dan wisata alam lainnya seperti pantai yang indah dan pegunungan pegunungan yang asri dengan panorama yang tidak kalah dengan tempat wisata alam di jawa ataupun sumatera.

Apa Saja Objek tempat wisata di aceh ?

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama Aceh? Kota Serambi Mekah adalah provinsi paling barat Indonesia dan titik paling utara Sumatera. Provinsi Aceh memiliki banyak potensi, mulai dari potensi alam, pariwisata, budaya, sumber daya manusia hingga sejarahnya yang panjang dan termasyhur.

Dulu, Aceh sendiri merupakan negara yang tergabung dalam Kesultanan Utsmaniyah, dan hubungan kedua wilayah tersebut tetap erat hingga saat ini. Provinsi berpenduduk 4,5 juta jiwa ini memiliki banyak pantai yang indah. Ada peristiwa mengerikan di Aceh, tsunami 2004. Nah, Anda bisa melihat Museum Tsunami yang kini menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Aceh.

Selain Museum Tsunami, Aceh memiliki banyak tempat wisata menarik yang menunggu untuk kita jelajahi. Aceh memiliki banyak pantai yang indah, air terjun yang indah, tidak kalah dengan tempat menyelam di Indonesia bagian timur, dan masih banyak lagi tempat wisata di Aceh yang tidak boleh kita lewatkan saat liburan tiba.

Rekomendasi Tempat Wisata di Aceh Terbaru 2022-2023

Buka hanya itu terdapat beberapa destinasi wisata dan salah satu objek wisata aceh yang baru baru ini hits untuk para kalangan instagramable yang sering sebagai spot foto foto para muda mudi di aceh.

Banyak tempat wisata aceh yang tersembunyi bukan hanya situs sejarah kerajaan saja, tetapi wisata alam yang jarang bisa dijamah manusia karena lokasi yang sulit untuk dilalui seperti air terjun pegunungan dan hewan hewan yang langka di hutan lindung aceh.

Yuk simak, 25 tempat wisata di aceh terbaru dan terkenal di tahun 2022

Wisata Pantai Lampuuk Aceh

Pantai Lampuuk Aceh

Tidak heran jika indonesia terkenal dengan pantai yang indah antara lain di wilayah Aceh besar, Pantai lampuuk aceh memiliki keindahan pantai yang tidak bisa dibandingkan dengan pantai manapun di indonesia.

Dengan pasir yang putih dan lembut serta menghadap langsung di samudera hindia, lokasi pantai lampuk aceh berjarak 21 Kilometer dari arah pusat kota.

Alamat lokasi Pantai Lampuuk Aceh :  Jl. Raya Lampuuk, Meunasah Lambaro, Kec. Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh 23353, Indonesia

Harga tiket masuk Pantai Lampuuk Aceh : Rp. 3.000 / orang

Wahana dan Fasilitas yang ada di Pantai Lampuuk Aceh

  • Banana boat
  • Sewa ban atau pelampung
  • Fasilitas umum lengkap seperti kamar mandi, wc dan lain lain
  • Makan kuliner lengkap

Wisata Pantai Momong Aceh

Pantai Momong Aceh

Pantai momong yang berlokasi di aceh besar yang menjadi objek wisata para wisatawan lokal dan mancanegara. Asal mula nama pantai momong sendiri menurut cerita warga sekitar karena dulunya terdapat banyak galian tanah seperti sumur yang menyebut seperti momong oleh warga.

Pantai Momong aceh terkenal dengan tempat spot foto yang keren dan juga terkenal dikalangan anak muda mudi atau instragamable.

Keindahan pantai momong sendiri dengan luasnya laut yang biru dan hamparan pasir putih dengan pesona alaminya, menurut warga sekitar pantai momong ramai pada hari sabtu dan minggu pada saat liburan.

Alamat lokasi Pantai Pantai Momong Aceh : Pantai Momong, Meunasah Balee, Kec. Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh 23353

Harga tiket masuk Pantai Momong Aceh : Rp. 10.000 / orang

Wahana dan Fasilitas yang ada di Pantai Momong Aceh

  • Fasilitas umum lengkap seperti WC, kamar mandi dll
  • Resort dan restoran
  • Wisata kuliner lengkap

Wisata Pantai Ujong Pancu

Pantai Ujong Pancu

Pantai Ujong pancu merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi, kamu bisa menikmati keindahan alam yang bersih dan alami, belum lagi kamu bisa melihat langsung gunung yang menjulang tinggi serta tidak kalah penting pantai disini sangat dangkal dan cocok untuk berenang atau bermain air bersama pasangan atau keluarga.

Alamat lokasi Pantai Ujong Pancu : Unnamed Road, Lam Pageu, Lam Pageu, Peukan Bada, Aceh Besar Regency, Aceh 23353

Harga tiket masuk Pantai Ujong Pancu : Rp. 10.000 / orang

Wahana dan Fasilitas yang ada di Pantai Ujong Pancu :

  • Wahana selancar air
  • Gazebo
  • Parkir (tempat dipinggir jalan)

Wisata Gunung Goh leumo

Wisata Gunung Goh leumo

Gunung Goh leumo merupakan destinasi wisata para pecinta alam pencari tantangan seperti pendaki gunung, dengan ketinggian 800 MDPL kamu bisa melihat pemandangan indah kota aceh yang jarang orang bisa melihat di puncak Gunung Goh leumo.

Alamat lokasi Pantai Gunung Goh leumo : Goh Leumo, Lam Badeuk, Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Indonesia

Wisata Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami merupakan sebuah monumen simbolis yang dirancang untuk bencana gempa bumi dan tsunami pada 2004 lalu, sekaligus untuk pendidikan bencana dan tempat darurat jika tsunami terjadi lagi.

Alamat dan lokasi Musem Tsunami di aceh : Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116

Harga tiket masuk Museum tsunami Aceh: Gratis. Hanya perlu membayar parkir kendaraan.

Wisata Masjid Raya Baiturahman Aceh

Masjid Raya Baiturahman Aceh

Masjid Raya Baiturahman merupakan tempat ibadah para warga aceh, masjid besar yang terdapat di pusat kota aceh ini, terkenal sebagai masjid yang tidak hancur saat terkena bencana tsunami, sampai sekarang masjid agung aceh ini menjadi objek para kalangan wisatawan lokal dan mancanegara.

BACA JUGA  Nonton Hello the Sharpshooter Episode 18 Sub Indo Rebahin Lk21 WeTV

Alamat dan lokasi Masjid Raya Baiturahman : Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh

Harga tiket masuk Masjid Raya Baiturahman : Gratis !

Wisata Taman Putroe Phang

Taman Putroe Phang

Taman Putroe Phang merupakan taman yang ada sejak jaman kerajaan aceh darussalam pada tahun tahun 1607-1636 sebagai tempat mandi untuk para istri sultan kerajaan.

Taman yang masih terjaga ini sekarang menjadi destinasi para wisatawan khususnya warga aceh untuk sekedar berlibur atau untuk menambah wawasan sejarah.

Alamat dan lokasi Taman Putroe Phang : Jl. Merapi No.37, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116

Harga tiket masuk Taman Putroe Phang : Gratis. hanya perlu membayar parkir di area taman saja.

Wisata PLTD Apung / Kapal Agung

PLTD Apung Kapal Agung

PLTD apung merupakan Generator listrik milik PLN di Banda Aceh, yang saat ini menjadi tempat wisata dengan nama Kapal Agung.

Sejarah PLTD Apung / Kapal Agung sendiri karena akibat gelombang tsunami yang terhempas di pemukiman warga yang dekat dengan museum tsunami.

Alamat dan lokasi PLTD Apung / Kapal Agung : Punge Blang Cut, Kec. Jaya Baru, Kota Banda Aceh, Aceh 23116

Harga tiket masuk PLTD Apung / Kapal Agung : Gratis hanya membayar parkir kendaraan saja

Wisata Museum Aceh

Museum Aceh

Museum Aceh merupakan museum yang memperkenalkan sejarah tentang aceh yang jelas berbeda dengan musem tsunami.

Alamat dan lokasi Museum Aceh : Jl. Sultan Mahmudsyah No.10, Peuniti, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116

Harga tiket masuk Museum Aceh : untuk anak anak Rp. 1.000 / orang dan untuk orang dewasa Rp. 3.000 / orang

Wisata Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue merupakan tempat wisata pantai yang berbeda dari pantai yang ada di aceh, Pantai Ulee Lheue sendiri memiliki ciri khas sebagai tempat santai untuk melihat pemandangan pantai sambil menikmati jagung bakar atau kuliner yang tersediaa dipinggir pantai.

Jika ingin berenang dan bermain air diharuskan jangan jauh dari pinggir pantai karena terdapat karang laut yang tajam.

Alamat dan lokasi Pantai Ulee Lheue : Banda Aceh, Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, Aceh

Harga tiket masuk Pantai Ulee Lheue : Rp. 5.000 / orang

Wisata Makam Syiah Kuala

Makam Syiah Kuala

Makam Syiah Kuala merupakan wisata religi atau ziarah khususnya umat beragama islam ke makam ulama terkenal yakni ulama Aceh Syech Abdurrauf bin Ali Alfansuri atau yang terkenal dengan nama Teuku Syiah Kuala.

Alamat dan lokasi Makam Syiah Kuala : Gp. Deah Raya, Syiah Kuala, Deah Raya, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh

Wisata Situs Taman Sari Gunongan

Situs Taman Sari Gunongan

Situs Taman Sari Gunongan merupakan situs budaya yang sampai sekarang terawat dan bersih, bangunan Situs Taman Sari Gunongan dibuat pada masa kerajaan darusallam yang menjadi cagar budaya bersejarah di aceh.

Lokasi dan alamat Situs Taman Sari Gunongan : Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116

Wisata Pantai Alue Naga

Pantai Alue Naga

Lokasi dan alamat Pantai Alue Naga : Andaman Sea, Alue Naga, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh

Tidak sulit menemukan pantai di Kota Banda Aceh. Sedikit diimbangi dari Masjid Raya Baitur Rahman, sekitar delapan kilometer sebelah timur Banda Aceh, terdapat hamparan pantai dengan pesona yang mempesona. Namanya Pantai Arunaga.

Pantai ini terletak di Desa (Desa) Alue Naga di Kecamatan Syiah Kuala, Provinsi Banda Aceh. Orang-orang yang tinggal di daerah tersebut menggunakan pantai sebagai tujuan wisata. Di garis pantai Alue Naga yang menghadap Selat Malaka, Anda bisa berdiri dan bersantai di sebuah gubuk. Anda tidak perlu khawatir tentang makanan dan minuman karena ada penduduk setempat yang menjual berbagai makanan ringan.

Setiap sore, pantai ini dipadati wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai dan sunset. Wisatawan reguler adalah pelajar dan masyarakat umum yang datang bersama teman dan keluarga.

Wisata Hutan Kota BNI Banda Aceh

Hutan Kota BNI Banda Aceh

Alamat dan lokasi Hutan Kota BNI Banda Aceh : Jl. Hutan, Tibang, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh

Bagi yang ingin menikmati wisata alam, Anda bisa mengunjungi Taman Hutan Raya Kota Tibang di Banda Aceh. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke pusat ibu kota Aceh sangat menyukai objek wisata ini.

Taman Hutan Kota merupakan proyek kerjasama Pemerintah Kota Banda Aceh sebagai penyedia lahan, Bank Indonesia atau BNI sebagai penyedia dana dan Yayasan Bustanussalatin sebagai pengelola kerja.

Wisata Taman Ratu Safiatuddin

Taman Ratu Safiatuddin

Alamat dan lokasi Taman Ratu Safiatuddin : Bandar Baru, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh 24415

Taman Ratu Safiatuddin adalah sebuah taman dengan berbagai jenis rumah adat dari berbagai kabupaten dan kota di Provinsi Aceh. Di tempat ini terdapat 23 rumah adat dan pakaian adat, taman ini juga dikenal sebagai Taman Miniatur Aceh.

Provinsi Aceh memang merupakan daerah yang sangat unik, dengan tidak hanya segala macam pesona alam yang menakjubkan, tetapi juga budaya dan nilai-nilai tradisional yang masih dipegang teguh oleh wilayah berjuluk Balkon Mekah ini. Aceh juga memiliki beberapa tempat wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Taman Ratu Safiatuddin.

Taman Ratu Safiatuddin merupakan objek wisata yang menawarkan berbagai jenis rumah adat dari berbagai daerah atau kota di Provinsi Aceh. Tidak kurang dari 23 rumah adat Aceh bisa ditemukan di sini. Sering disebut sebagai Taman Mini Aceh, taman ini juga sering digunakan untuk festival budaya dan pertunjukan seni.

Wisata Tugu Simpang Lima

Tugu Simpang Lima

Alamat dan lokasi Tugu Simpang Lima : JL. Sri Ratu Safiatuddin No.1 Simpang Lima, Banda Aceh, Peunayong, Kuta Alam, Banda Aceh City, Aceh 13430

Bundaran Banda Aceh’> Monumen Simpang Lima di Banda Aceh telah berdiri sejak tahun 1994.

Sejak itu, monumen itu telah beberapa kali berubah bentuk.

Monumen yang sekarang dibangun oleh Bank Bukopin pada tahun 2016 dan diresmikan pada tanggal 14 Mei 2017.

Bundaran Simpang Lima sering menjadi pusat demonstrasi mahasiswa dan warga Aceh.

Bundaran tersebut juga menyimpan banyak kenangan bagi mantan aktivis mahasiswa yang kini berkeliling dunia.

Masing-masing dari mereka memiliki kenangan sendiri tentang peristiwa yang mereka alami selama demonstrasi di Lima, Simpang.

Wisata Sungai Krueng Daroy

Sungai Krueng Daroy

Alamat dan lokasi Sungai Krueng Daroy : Peuniti, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23127

Seperti banyak daerah riparian lainnya, kawasan di sekitar Sungai Daroi yang mengaliri Kota Banda Aceh dulunya merupakan kawasan kumuh. Sejak 2018, Kementerian PUPR menjadikan kawasan seluas 38,26 hektar ini sebagai contoh sukses pembangunan kawasan kumuh melalui Proyek Tanpa Kumuh (KOTAKU).

BACA JUGA  Promo Harga Tiket Waterbom Bali 2022-2023

Dalam inisiatif KOTAKU ini, Kementerian PUPR telah bekerja sama dengan Pemko Banda Aceh dan secara aktif melibatkan masyarakat yang tinggal di sekitar Sungai Daroy. “Jika pemerintah daerah tidak bertindak dan masyarakat tidak berpartisipasi aktif, skema tidak akan berjalan dan bahkan kawasan yang sudah ditata akan kembali kumuh,” kata menteri PUPR.

Wisata Taman Bunga Celosia Beurawe

Taman Bunga Celosia Beurawe

Alamat dan lokasi Taman Bunga Celosia Beurawe : Beurawe, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh

Cockscomb yang juga dikenal dengan nama cockscomb, kini banyak dilihat orang untuk berlatih. Sejak Taman Bunga Celosia muncul di Panga, Aceh Jaya Januari lalu dan viral di dunia maya, bunga tersebut pun menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi mereka yang gemar berfoto selfie sebagai subjek foto.

Kini, Taman Celosia juga ada di Kota Banda Aceh. Lokasinya berada di belakang Zakir Kupi, Gampong Beurawe, Banda Aceh. Taman Celosia dibuka pada 16 Juni 2019 dan langsung ramai dikunjungi wisatawan, terutama yang tidak datang ke Taman Celosia di Aceh Jaya.

Masjid Haji Keuchik Leumiek

Masjid Haji Keuchik Leumiek

Alamat dan lokasi Masjid Haji Keuchik Leumiek : Lamseupeung, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh 23127

Melihat keindahan arsitektur masjid-masjid Aceh melengkapi peradabannya dari hari ke hari, tentunya desain masjid-masjid Aceh berubah drastis sejak penjajah membangun kembali Masjid Raya Baitul Rahman, mengadopsi model masjid-masjid tua seperti Indrapuri Sangat berbeda dengan desain masjid lama yang baru.

Selain itu, Masjid Haji Keuchik Leumiek di Gampong Lamseupeung juga dibangun pada masa akhir. Ayah Haji Harun Keuchik Leumiek semakin menyempurnakan objek wisata religi Banda Aceh yang juga membangun masjid megah ala Timur Tengah pascatsunami – Masjid Oman Makmurran Pret.

Wisata Jembatan Krueng Cut

Jembatan Krueng Cut

Alamat dan lokasi Jembatan Krueng cut : Jl. Utama Rukoh Lrg. Banna No.2, Rukoh, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh 24415

Jembatan Krueng Cut yang panjangnya 310 meter dan menghubungkan Kota Banda Aceh dengan Kabupaten Aceh Besar kini dipunuhi bungkahan tanah yang diduga jatuh dari truk pengangkut material bangunan. Dan sedikit hujan, di atas jembatan beraspal itu, penuh dengan lumpur.

Wisata Kompleks Pemakaman Sultan Aceh Kandang XII

Kompleks Pemakaman Sultan Aceh Kandang XII

Alamat dan lokasi Kompleks Pemakaman Sultan Aceh Kandang XII : Jalan Sultan Alaiddin Mahmudsyah No.10, Kampung Baru, Baiturrahman, Kp. Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116

Kompleks Makam Kandang Meuh terletak di Jalan Sultan Alauddin Mahmudsyah No 12, Desa Peuniti, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Makam Kandang Meuh terbagi menjadi dua lokasi. Lokasi pertama berada di sisi kiri Gedung Juang, dekat Makam Sultan Iskandar Muda, dan lokasi kedua berada di sisi kanan Gedung Juang, dekat Museum Nasional Aceh.

Kompleks Mausoleum Kandang Meuh merupakan makam kuno para raja yang pernah memerintah Kesultanan Aceh Darussalam beserta kerabat pekerja dan ulamanya. Kompleks Makam Kandang Meuh ditetapkan sebagai cagar budaya pada tanggal 12 Januari 1999 dengan Surat Keputusan No. 014/M/1999. Kompleks makam Kandang Meuh berstatus tanah negara dan memiliki luas 221 meter persegi serta terletak pada koordinat 5.547666° LU dan 95.320828° BT.

Wisata Monumen Pesawat Seulawah 001

Monumen Pesawat Seulawah 001

Alamat dan lokasi Monumen Pesawat Seulawah 001 : Kp. Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116

Monumen Pesawat Dakota RI-001 Seulawah merupakan monumen replika pesawat Dakota C-3 yang berperan penting dalam perang mengusir Belanda setelah Indonesia merdeka. Pesawat tersebut dibeli dari sumbangan warga Aceh yang secara sukarela menyumbangkan harta bendanya ke Indonesia.

Kota Banda Aceh merupakan salah satu kabupaten dengan berbagai tempat wisata yang dapat menarik wisatawan. Tidak hanya menawarkan pesona alam dan wisata religi, ibu kota Mekkah Balcony ini juga menjadi rumah bagi beberapa situs sejarah yang bernilai sejarah dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Di antara sekian banyak wisata sejarah, salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi adalah pesawat Dakota RI-001 Seulawah.

Wisata Makam Raja Aceh

Makam Raja Aceh

Alamat dan lokasi Makam Raja Aceh : No., Jl. Sultan Mahmudsyah No.10, Peuniti, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116

Tim Asian Maritime Heritage Survey (MAHS) pada Rabu (7 Juli 2021) mencatat dan mensurvei peninggalan sejarah dan warisan budaya situs pemakaman 12 sultan yang memerintah Aceh Darussalam di Banda Aceh, Provinsi Aceh. Tim MAHS bekerja sama dengan Balai Besar Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Aceh melakukan pencatatan dan pengukuran cagar budaya untuk melengkapi data dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Wisata Rumah Cut Nyak Dien

Rumah Cut Nyak Dien
Rumah Cut Nyak Dien

Alamat dan Lokasi Rumah Cut Nyak dien : Lampisang, Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Aceh 23232

Pada masa penjajahan Belanda, rumah Cut Nyak Dhien di Aceh menjadi pusat perjuangan rakyat Aceh melawan penjajahan.

Padahal, rumah ini bukanlah rumah asli pahlawan nasional Aceh, melainkan replika.

Rumah aslinya pernah dibakar oleh penjajah pada tahun 1896 dan kemudian dibangun kembali dalam bentuk aslinya pada tahun 1981 sebagai sarana pendidikan.

Kini rumah tersebut juga dijadikan museum untuk mengenang pahlawan Tanah Rae dari Indonesia, sekaligus untuk mengenang perjuangan rakyat Aceh.

Museum ini diresmikan pada tahun 1987 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Fuad Hassan.

Meski hanya replika, rumah ini masih menyimpan banyak sejarah karena dibangun sesuai dengan bentuk aslinya.

Wisata Tugu Pena Simpang mesra

Tugu Pena Simpang mesra

Alamat dan Lokasi tugu pena simpang mesra : Jl. T. Nyak Arief, Jeulingke, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh

Sebuah monumen megah terletak di Simpang Mesra di Jeulingke Banda Aceh. Setiap orang yang kuliah di ibu kota provinsi Aceh ini pasti tahu persimpangan jalan yang terletak di pintu masuk kedua kampus di Darussalam itu.

Tugu yang diberi nama “Tentara Pelajar” ini dimaksudkan untuk mengingatkan generasi muda mahasiswa Aceh atas kiprahnya dalam memerangi bekas penjajah. Pada puncak tugu terdapat lambang pena sebagai pesan kepada generasi muda untuk terus berupaya meningkatkan ilmunya.

Dikutip dalam Banda Aceh Legacy, Tentara Pelajar Aceh (TPA) tumbuh dari kreativitas siswa SMA Koetaradja yang mendirikan Ikatan Pelajar Indonesia (IPI) Aceh pada Mei 1946. Dari sana mereka berjuang untuk kedaulatan Indonesia.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/