FEATURED

3 Tips Positif untuk Mengungkapkan Perasaan, Bisa dengan Curhat!

Mengungkapkan apa yang sedang kita rasakan dapat meringankan beban batin yang mungkin selama ini tanpa sadar membuat kita merasa lelah dan berat. Mengungkapkan perasaan juga dapat membuat hati menjadi lebih lega serta pikiran terasa lebih ringan.

Masalahnya, masih banyak yang bingung atau tidak tahu bagaimana caranya mengungkapkan perasaan dengan tepat dan benar, hingga pada akhirnya mereka memilih untuk memendamnya sendirian saja.

Berikut ini adalah beberapa tips atau cara positif yang bisa kamu lakukan untuk mengungkapkan perasaanmu.

1. Curhat kepada orang lain

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan curhat atau bercerita kepada orang lain. Kamu bisa memilih teman atau sahabat terdekat untuk diajak curhat.

Curhat itu tidak hanya membicarakan hal-hal yang sedih, kamu bebas bercerita apa saja tentang perasaanmu. Membicarakan perasaan ketika sedang senang juga merupakan salah satu bagian dari mengungkapkan perasaan. Kamu berbagi cerita menyenangkan bersama temanmu.

2. Menulis diary atau buku harian 

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengungkapkan perasaan adalah dengan menulis diary atau buku harian.

Orang yang merasa kurang nyaman ketika harus membicarakan perasaannya kepada orang lain dapat memilih opsi yang satu ini. Kamu bebas menuangkan perasaanmu dalam bentuk tulisan, di mana pun medianya.

3. Menyediakan waktu untuk me time

Cara mengungkapkan perasaan yang ketiga bisa dilakukan dengan me time. Kamu bisa mengambil waktu beberapa saat untuk diri sendiri, silakan menyendiri jika itu memang dirasa perlu.

Terkadang, kita semua perlu waktu dan ruang sendiri. Ketika sedang sedih, tidak masalah untuk menangis. Kamu bebas melakukan apa pun untuk mengungkapkan perasaan selama tidak merugikan dirimu sendiri dan orang lain.

BACA JUGA  Selain Sering Cari Muka, Ini 4 Tipe Rekan Kerja yang Wajib Kamu Waspadai

Itulah tiga tips atau cara positif yang bisa kamu coba untuk mengungkapkan perasaan yang sedang kamu rasakan. Banyak dampak negatif yang akan didapatkan jika kita terus-menerus memendam perasaan. Apalagi jika perasaan negatif seperti dendam, sedih, kecewa, dan lain sebagainya.

Semua perasaan yang tidak tersalurkan dengan baik lama-kelamaan akan mengendap dalam hati kita. Hingga tanpa disadari, di suatu waktu ditambah dengan trigger tertentu, tidak menutup kemungkinan kita akan merasakan emosi yang meledak-ledak.

Video yang mungkin Anda suka:



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/