FEATURED

4 Alasan Karyawan Suka Bolos, Pengawasan Harus Diperketat!

Bolos adalah istilah yang tidak asing di telinga kita. Saat mendengar kata tersebut, kita selalu mendapat konotasi atau gambaran yang kurang baik. Memang, bolos adalah tindakan yang tidak baik dilakukan dimana pun, entah itu di sekolah maupun di tempat kerja.

Meski begitu, banyak orang yang masih mau melakukannya. Termasuk di tempat kerja, banyak pekerja yang suka membolos kerja. Misalnya dengan tidak masuk tanpa kabar atau membuat izin palsu. 

Padahal kita semua sepakat bahwa membolos bukanlah hal yang baik. Bahkan orang yang melakukannya juga mengetahui bahwa tindakannya membolos tidak bisa dibenarkan. Namun, banyak pekerja yang tetap membolos dikarenakan beberapa alasan.

Berikut ini adalah 4 alasan atau penyebab pekerja suka bolos.

1. Pengawasan Kurang

Cara utama untuk melawan dan mencegah tindakan bolos adalah dengan melakukan pengawasan. Pengawasan yang ketat akan mengurangi kesempatan dan celah untuk bolos. Namun jika pengawasan lemah atau longgar, maka pekerja bisa dengan mudah membolos kerja.

Pengawasan yang ketat bisa dilakukan dalam hak absensi dari kedatangan sampai pulang. Lalu pengawasan saat jam kerja, dan lain sebagainya. Jangan beri celah untuk seorang pekerja memiliki kesempatan untuk bolos.

2. Tidak Ada Sanksi

Selain pengawasan, sanksi juga diperlukan untuk melawan tindakan bolos. Jika pengawasan lebih kepada tindak pencegahan, sanksi lebih kepada tindakan setelah kejadian. Sanksi diperlukan untuk membuat orang yang bolos menjadi jera. 

Di sisi lain, sanksi yang diberikan kepada orang yang bolos akan membuat pekerja lain yang melihatnya jadi takut dan tidak mau melakukan hal yang sama. Namun jika tidak ada sanksi yang diberikan, maka pekerja akan tidak ragu dan takut untuk membolos. Pekerja yang tadinya tidak pernah bolos juga akan ikut tergiur ketika mengetahui rekannya bisa bolos dan tidak mendapat hukuman.

BACA JUGA  6 Cara untuk Menjadi Orang yang Disiplin, Yuk Terapkan

3. Tempat Kerja Tidak Nyaman

Kenyamanan tempat kerja akan membuat pekerja betah dan senang di tempat kerja. Jika sudah nyaman, maka umumnya pekerja tidak ada niatan untuk bolos. Namun jika tempat kerja tidak nyaman, maka pekerja akan selalu mencari celah dan kesempatan agar bisa bolos, bagaimana pun caranya.

4. Karakter atau Kebiasaan

Bagaimana pun juga, tindakan bolos tidak bisa kita lepaskan dari kebiasaan. Jika sejak sekolah sudah terbiasa bolos, maka ketika bekerja jika ada kesempatan akan membolos juga. Selain itu orang yang sudah terbiasa bolos akan mudah melihat celah dan kesempatan.

Itulah 4 alasan atau penyebab pekerja atau karyawan suka bolos. Pernah mengalaminya?

Video yang mungkin Anda suka



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
/