FEATURED

6 Cara Membersihkan Pori-Pori yang Tersumbat

Pori-pori adalah lubang kecil di kulit yang berfungsi untuk membawa minyak ke permukaan kulit sehingga kulit dapat lebih lembap. Namun, pada beberapa kondisi terkadang sel kulit mati terperangkap di dalam pori-pori sehingga pori-pori tampak lebih besar atau bergelombang.

Pori-pori yang tersumbat tersebut pada akhirnya mengakibatkan munculnya berbagai masalah pada kulit, mulai dari komedo hingga jerawat. Lalu apa saja yang dapat dilakukan untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat? Simak tipsnya berikut ini sebagaimana dilansir dari Medical News Today.

1. Gunakan produk noncomedogenic

Kandungan noncomedogenic pada suatu produk berarti bahwa produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak dan banyak pori-pori, maka sebaiknya menggunakan produk yang memiliki kandungan noncomedogenic. Baik itu produk perawatan kulit hingga produk riasan.

2. Bersihkan wajah dengan lembut

Cucilah wajah dengan lembut karena menggosok dengan cara kuat dapat menyebabkan kemerahan dan pori-pori tersumbat. Selain itu, gunakan produk pembersih yang memiliki pH seimbang. Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan wajah 2 kali sehari dengan air hangat. Hal itu untuk menghilangkan minyak berlebih dan sel-sel mati pada kulit.

3. Jangan garuk 

Siapa nih yang masih suka garuk atau bahkan sengaja memencet pori-porinya? Nyatanya, tindakan tersebut tidak akan menghilangkan masalah pada kulit malah yang terjadi justru sebaliknya. Kondisi kulit bisa lebih buruk jika terus-menerus melakukan kebiasaan tersebut. 

4. Lakukan eksfoliasi

Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Selain wajah menjadi lebih bersih, manfaat dari eksfoliasi itu juga dapat membantu mengurangi tekstur pori-pori yang tersumbat bahkan bisa membantu untuk mengangkat pori-pori tersebut.

5. Gunakan produk berbahan retinol

BACA JUGA  Praktikkan Ini! 6 Cara agar Kamu Lancar Dalam Menulis Sebuah Karya

Retinol adalah bahan perawatan kulit yang direkomendasikan oleh dokter kulit untuk orang dengan kulit berminyak dan berjerawat. Namun, pada awal pemakaian bahan tersebut terkadang menyebabkan iritasi kulit. Terkait hal itu, orang hamil dan menyusui sebaiknya menghindari penggunaan produk dengan bahan tersebut.

6. Rutin bersihkan riasan sebelum tidur 

Setiap harinya kamu mungkin menggunakan beragam produk riasan untuk menunjang penampilan. Terkait hal itu, jangan pernah lupa membersihkan riasan sebelum tidur. Sebab tidur dalam kondisi wajah yang masih penuh riasan bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit, termasuk masalah pori-pori.

Itulah 6 cara membersihkan pori-pori yang tersumbat. Semoga bermanfaat.

Video yang mungkin Anda suka



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
/