FEATURED

8 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji bagi Kesehatan Kulit

Kamu pernah dengar bahwa jambu biji dapat menyebabkan jerawat batu? Nyatanya hal itu salah besar, ya. Faktanya jambu biji punya banyak sekali manfaat.

Berbagai kandungan nutrisi pada jambu biji bahkan tidak hanya berperan untuk kesehatan fisik melainkan juga kesehatan kulit. Dilansir dari Be Beautiful, berikut sederet manfaat jambu biji bagi kesehatan kulit.

1. Melindungi dari sinar UV

Kandungan antioksidan pada jambu biji membuat buah ini bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Buah ini juga memiliki kandungan lycopene yang bertindak sama seperti sunscreen. Bahkan senyawa tersebut tidak hanya mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV melainkan juga dapat mengatasi polusi biasa.

2. Meningkatkan kesehatan kulit 

Buah jambu biji dapat membuat kulit wajah mencegah noda hingga hiperpigmentasi yang pada akhirnya dapat membantu membuat kulit lebih segar dan bercahaya. Terlebih lagi jambu biji dapat digunakan sebagai eksfoliator alami untuk membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati.

3. Mengobati jerawat dan flek hitam 

Bagi kamu yang sering mengira jambu biji dapat menyebabkan jerawat, mulai sekarang jangan salah paham lagi, ya. Nyatanya, jambu biji justru bermanfaat untuk mengurangi jerawat hingga flek hitam. Untuk memperoleh hasil maksimal, kamu bisa blender daun jambu biji lalu gunakan sebagai masker.

4. Mengandung sifat anti-penuaan 

Bagi kamu yang ingin terlihat awet muda, maka perawatan alami menggunakan jambu biji bisa menjadi pilihan. Nutrisi pada buah tersebut dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas di kulit dan membuatnya tetap bersinar serta bebas dari garis dan kerutan dini. 

5. Membantu mengencangkan kulit

Mencuci wajah dengan rebusan jambu biji dapat membuat kulit kencang, segar, dan bebas kerut. Hal itu berkat kandungan vitamin, mineral,bdan nutrisi yang terdapat pada jambu biji. Selain itu, buah ini juga dapat membantu membersihkan kulit dari noda dan kemerahan. 

BACA JUGA  3 Hal yang Membuatmu Susah Dimengerti oleh Orang Lain, Yuk Perbaiki!

6. Mengontrol kulit berminyak

Kulit berminyak dapat menimbulkan jerawat hingga komedo. Menariknya, daun jambu biji bisa membantu mengontrol kulit berminyak.

Selain itu, berperan dalam pengelupasan kulit dari sebum berlebih. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa gunakan daun jambu biji bersama campuran lemon sebagai masker alami. 

7. Melembapkan kulit 

Selain minum air yang cukup dan menggunakan produk pelembab, masih ada cara lainnya lho untuk menghidrasi wajah yakni dengan mengonsumsi jambu biji.

Faktanya, buah tersebut terbuat dari 81% air. Maka, mengonsumsi buah ini setiap hari dapat membantu menghidrasi kulit dan menjaga sel-sel kulit.

8. Mengobati berbagai penyakit kulit

Kandungan vitamin C pada jambu biji berperan untuk membantu meregenerasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit tampak kencang dan elastis.

Selain itu, jambu biji juga mengandung vitamin K yang dapat membantu meningkatkan pembekuan darah, mengurangi kemerahan, dan iritasi. 

Itulah sejumlah manfaat jambu biji bagi kesehatan kulit. Semoga dapat menambah wawasanmu, ya.

Video yang mungkin Anda suka:



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
/