FEATURED

Kisah Hidup Bunda Corla Ratu Jreng di Jerman Diangkat Media Asing Deutsche Welle

Nama Bunda Corla kini sedang menjadi perbincangan hangat di media sosial. Bunda Corla dikenal publik lantaran sering siaran langsung live di Instagram maupun TikTok sambil joget memutar lagu dangdut. 

Lagu No Comment milik penyanyi Tuty Wibowo yang dijulukinya ‘lagu bandit’ artinya lagu kesukaannya ikut populer didengarkan kembali oleh publik. Bunda Corla sebagai fenomena baru di Indonesia dengan live yang ditonton ratusan ribu orang termasuk akun-akun centang biru menarik perhatian media asing Deutsche Welle (DW). Kisah hidup Bunda Corla diangkat dalam sebuah artikel yang diberikan oleh DW. 

“Netizen sepertinya suka dengan celoteh Bunda yang lucu-lucu, spontan saja. Itu tidak bisa dibuat-buat. Itu memang kelakuan Bunda sehari-hari, jadi terbawa dalam hal apa pun. Dan menurut Bunda, ‘bodo amat!’. Aku apa adanya saja,” ujar Corla dalam wawancara khusus dengan DW dikutip Yoursay.id, Minggu (06/11/2022). 

Pertama kali setelah ngetop kembali lewat live Instagram dan TikTok, Corla menerima tawaran wawancara. Ia bercerita tentang kehidupannya sehari-hari. 

“Biasanya bangun tidur, minum kopi, aku langsung live,” tandasnya.

Perempuan yang dijuluki ratu jreng ini mengaku nyaman berceloteh di media sosial. Ia menceritakan kisah dirinya dulu sempat viral di Facebook. 

“Bunda itu sempat viral juga tahun 2016, itu masa-masa dulu sudah banyak pengikutnya. Sudah banyak sekali, kadang-kadang bahkan pernah sampai tembus 15 ribu di siaran langsung FB. Kemudian, (akun) Facebook Bunda diblokir tim Facebook, karena mungkin banyak laporan tidak jelas. Karena dulu masih suka membahas masalah politik,” ungkapnya. 

Namun, sekarang ia memilih netral dan tidak menyinggung lagi soal politik. Ia sempat vakum dari Facebook dicari-cari pengikutnya yang meminta dirinya live lagi. 

BACA JUGA  Mengasah Empati terhadap Kaum Terzalimi

Akhirnya ia memilih live kembali di Instagram. Lirik “Mana Bunda, mana Bunda… itu Bunda, Bunda sayang,” digunakannya untuk menyapa followers yang sering bertanya kepada ia. 

Corla sendiri bermukim di Jerman sejak 2004. Dulunya saat di Indonesia ia bekerja di dunia hiburan membintangi sinetron, film, dan jadi model. Corla mengaku merasa nyaman live di rumahnya sendiri, sambil memutar lagu, berdendang, dan mengobrol dengan netizen lewat kolom komentar.

Hal itu dilakukannya karena di Indonesia dan Jerman beda. Ia di Indonesia bisa nongkrong kapan saja, sedangkan di Jerman nongkrong hanya saat musim panas. 

Curhat Tentang Kegagalannya Dapat Kerja

Potret Bunda Corla saat bekerja. (Instagram/ corla_2)
Potret Bunda Corla saat bekerja. (Instagram/ corla_2)

Maka dari itu untuk menghilangkan stres, ia live di Instagram dan TikTok. Ia sehari-hari disibukkan dengan bekerja di Mconald’s sejak pandemi corona. 

Bunda Corla dulu punya suami tetapi cerai dan diberi bantuan pemerintah Jerman karena janda belum dapat kerja. 

“Akhirnya, karena Bunda merasa tidak enak dibantu pemerintah terus, Bunda ingin cari kerja,” ujarnya. 

“Akhirnya, tidak sengaja sedang jalan-jalan ke tengah kota dan melihat McDonald’s, saya bertanya: Menerima kerja tidak di sini?  Mereka bilang, tidak menerima. Tapi ada tempat satu lagi yang sama-sama satu bos. Coba ke alamat ini, begitu. Sampai di sana, Bunda langsung diterima,” kenang Corla. 

Corla berpesan bagi mereka yang bermukim di luar negeri agar mematuhi aturan pemerintah setempat, termasuk soal bayar pajak. Menurutnya, jika tata membayar pajak maka akan mudah mendapatkan bantuan dari pemerintah. 

Bunda Corla sendiri merasa bersyukur dan menikmati kehidupannya sekarang. Ia tidak silau dengan uang, popularitas, viral, kemewahan yang hanya sementara. 

Bunda Corla sebagai perantau baginya penting menjaga hubungan persahabatan. Salah satu sahabatnya yang baik hati yakni Solena Chaniago yang rela keluarkan uang demi dirinya hadir di Paris bertemu sang sahabat ini. 

BACA JUGA  4 Masalah yang Dihadapi HRD di Dunia Kerja, Siapkan Diri untuk Menghadapi!



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
/