Berita

‘STRONG’ Bakal Jadi Tren Kecantikan di Indonesia Tahun 2023 Mendatang!

Industri kecantikan merupakan salah satu industri yang dinamis dan terus berinovasi setiap waktunya,  dimana setiap pelaku terkait harus selalu siap beradaptasi dengan perubahan yang ada, salah satunya saat  sebelum, sesaat, dan pasca pandemi. Industri kecantikan di Indonesia berada pada proses pemulihan dan  penguatan, terlihat dari adanya pertumbuhan industri yang meningkat secara signifikan setiap tahunnya.  Berdasarkan dari data Badan Pusat Statistik pada tahun 2021 mengungkapkan industri kosmetika di  Indonesia mengalami pertumbuhan hingga 9.61% dan BPOM mencatat adanya kenaikan jumlah  perusahaan pada industri kosmetika di Indonesia hingga 20.6% pada tahun 2022.  

“Transformasi merupakan salah satu kunci dalam menghadapi perubahan dengan memanfaatkan setiap  peluang yang ada. Salah satunya dengan menerapkan strategi transformasi berupa teknologi dan digitalisasi  yang dapat memberikan penguatan pada industri kecantikan Indonesia menuju industri advanced.” ujar  Cheong Min Kyoung, Presiden Direktur COSMAX Indonesia. 

COSMAX Indonesia sebagai No.1 perusahaan manufaktur kosmetik Korea di Indonesia selalu berinovasi  dalam menciptakan inovasi dan transformasi bagi industri kosmetika di Indonesia kedepannya dengan  menghadirkan konsep Beauty Trend 2023 yaitu ‘STRONG’ yang dapat diterapkan oleh seluruh pelaku terkait, terdiri dari Stand Out, Techceptance, Reconnect, Opportunity, Natural, dan Glow-glazzy.  

Setelah pandemi melanda, secara tidak langsung hal tersebut berdampak kepada perilaku konsumen secara  keseluruhan termasuk perilaku konsumen dalam menggunakan produk kecantikan. Pada tahun 2023,  konsumen benar-benar mendefinisikan kembali mengenai fungsi dan kegunaan produk makeup dan  perawatan kulit. Produk kecantikan, tidak hanya sebagai kebutuhan bagi konsumen tetapi juga hadir sebagai  wadah dalam bentuk pengekspresian diri berupa Stand Out, penggunaan make-up terlihat mulai berani  melalui riasan dan warna yang disesuaikan dengan identitas setiap penggunanya.  

BACA JUGA  Serunya Masuk Ke Dunia Drama Korea Netflix di Sarang Korner!

Kemudian Techceptance, tidak hanya terfokus kepada produk yang dapat memberikan kesempatan untuk  berekspresi, produk yang menggunakan teknologi dapat memberikan nilai tambah bagi konsumen. Seiring  meningkatnya minat konsumen akan produk kecantikan dan perawatan kulit, konsumen kini tidak hanya  mulai sadar akan pemilihan ingredients produk yang sesuai dengan permasalahan kulitnya, namun juga 

mulai menerima dan memilih produk yang memiliki nilai tambah akan teknologi untuk memberikan  efektifitas dan efesiensi yang maksimal.  

Lalu berikutnya Reconnect, belakangan ini industri kecantikan mulai kembali berinteraksi melalui  dukungan teknologi berupa live feature, filter virtual, dan lainnya, serta kini banyak hadirnya physical  offline event yang menggabukan teknologi untuk memberikan ikatan lebih bagi ekosistem industri kecantikan. Interaksi gabungan secara offline dan online dengan fitur-fitur teknologi dapat meningkatkan  koneksi antara konsumen dan pelaku industri kecantikan dengan pendekatan yang lebih imersif.  

Kemudian Opportunity, dengan meningkatnya industri kecantikan dan kosmetika di Indonesia  memberikan peluang yang sangat besar bagi pelaku industri untuk memberikan nilai tambah dan konsep  unik untuk menjangkau segmentasi pasar yang lebih luas, seperti sebelumnya hadir konsep-konsep produk  baru yaitu clean beauty, hybrid cosmetic, conscious beauty, dan konsep unik lainnya yang akan banyak bermunculan pada waktu yang akan datang.  

Dengan meningkatnya permintaan konsumen akan produk yang dapat menghasilkan proven-result maka  dari itu, konsumen mulai memperhatikan efesiensi, efikasi, dan juga nilai keberlanjutan pada suatu produk.  Natural, akan menjadi salah satu konsep pilihan alternatif dengan didukungnya peningkatan kesadaran  konsumen akan ESG yaitu Environmental Social Governance dan persepsi konsumen akan bahan natural  yang memiliki kandungan aman dan baik untuk kulit, serta memiliki nilai ramah lingkungan.  

BACA JUGA  Deretan Mantan Roster MDL ID S4 Yang Akan Bermain di MPL ID Season 9!

Natural beauty trend tersebut juga didukung dengan look trend pada tahun 2023 yaitu Glow-Glazzy, yang  merupakan tampilan kulit sehat natural bercahaya dengan penggunaan riasan minimal dan menunjukkan  warna kulit natural. Hal tersebut dapat didukung dengan penggunaan produk multifungsi atau hybrid yang  secara efektif dapat memberikan kulit sehat dan bercahaya secara maksimal.  

Oleh karena itu, dalam rangka mendukung kemajuan industri kecantikan lokal di Indonesia, COSMAX  Indonesia selalu menghadirkan inovasi dan tren konsep kecantikan untuk memenuhi kebutuhan pasar di  Indonesia dengan berkomitmen menghadirkan produk kecantikan lokal dengan penerapan teknologi  terbarukan berstandarisasi secara global. (www.kpopchart.net)




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
/