Berita

3 Tips Menumbuhkan Minat Baca, Berkumpul dengan Pegiat Literasi

Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan yang menyediakan banyak sekali dunia baru. Tak cuma itu, buku juga mengenalkanmu pada tempat-tempat indah yang bisa kamu kunjungi. Semua itu bisa didapatkan apabila kamu menerapkan kuncinya, yakni dengan membaca.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan jika kamu membaca buku. Ilmu pengetahuan kamu akan bertambah, wawasan kamu akan semakin luas, cara pandang kamu akan semakin kaya, dan kamu tidak perlu keluar rumah jika ingin merasakan suasana di negara tertentu. Kamu hanya perlu membaca.

Apakah kamu sudah berniat ingin mencoba membiasakan diri untuk membaca buku, tetapi masih stuck dan bingung bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa tips atau cara yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan minat baca kamu.

1. Berkumpul bersama teman yang hobi membaca

Lingkungan pertemanan pastinya sedikit banyak akan berpengaruh kepada hidup dan kebiasaan sehari-hari kita. Jika ingin menumbuhkan minat membaca, kita bisa memulainya dengan berkumpul bersama teman-teman yang memiliki hobi membaca dan memang sudah terjun ke dunia literasi.

Kamu tidak perlu sungkan atau minder ketika bergabung bersama mereka. Mereka pasti akan senang menerima kamu dan berusaha meracuni kamu untuk ikut mencicipi indahnya dunia yang ditawarkan oleh sebuah buku.

2. Paksakan dirimu untuk membaca

Awalnya memang sulit dan terasa berat, tetapi jika kamu memiliki niat serta motivasi yang kuat untuk mulai membiasakan diri membaca buku, maka lambat laun tidak akan keberatan.

Kamu harus bisa melawan rasa malasmu sendiri. Kamu bisa mengatasinya dengan membuat kebiasaan baru sedikit demi sedikit. Misalnya, hari pertama kamu memaksa diri membaca selama dua menit, hari berikutnya ditingkatkan menjadi empat menit, begitu seterusnya hingga kamu tidak merasa terpaksa lagi ketika membaca.

BACA JUGA  "Butter (Hotter Remix)" Jadi MV BTS Selanjutnya yang Mencapai 100 Juta Views

3. Buat daftar rekomendasi buku

Jika bingung harus memulai kebiasaan membaca buku dari mana dan tidak tahu harus membaca buku apa, kamu bisa meminta rekomendasi bacaan kepada temanmu atau mencarinya sendiri melalui akun-akun literasi di Instagram. Selain itu, kamu bisa juga dengan searching di google. 

Ada banyak sekali genre dan jenis bacaan yang bisa kamu baca. Kamu tinggal mencari dan menyesuaikan dengan selera serta ketertarikanmu. Kamu juga bisa membuat daftar buku yang menarik perhatianmu.

Itulah tiga tips atau cara yang bisa kamu lakukan untuk mulai menumbuhkan minat kamu dalam membaca buku. Kegiatan positif ini jika bisa kamu jadikan kebiasaan akan memberikan banyak sekali manfaat. Selamat mencoba dan selamat membaca!



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/