Inspirasi

4 Alasan Mengapa Kamu Harus Menyaring Nasihat yang Diterima dari Orang Lain

Pada saat diberikan nasihat oleh orang lain, reaksi orang tentu berbeda-beda. Ada yang menyikapinya dengan biasa saja, ada pula yang senang, serta tidak suka dengan nasihat itu. Selain itu, hal yang sangat penting dalam menerima nasihat dari orang lain adalah sadar akan menyaring nasihat itu.

Itu artinya bahwa nasihat itu jangan langsung ditelan begitu saja, tapi dipikirkan lagi nasihat itu cocok atau tidak dengan dirimu. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa harus menyaring nasihat dari orang lain.

1. Nasihat yang jauh berbeda dengan kenyataan

Mungkin kamu juga pernah merasakan hal ini ketika dinasihati oleh orang lain. Kadang orang lain memberikan nasihat yang memang jauh berbeda dari kenyataan yang sebenarnya. Sehingga hal ini membuat kamu bingung dan muncul pertanyaan baru dalam pikiranmu.

Sementara yang diharapkan dari nasihat itu adalah sebuah harapan agar mendapatkan solusi terhadap masalah yang dimiliki. Jadi, disini sangat penting untuk kamu harus menyaring segala nasihat dari orang lain yang sesuai dengan situasi dirimu.

2. Nasihat yang diberikan tanpa memahami keadaan kamu

Siapapun bisa memberikan nasihat kepada kita jika keadaannya memungkinkan. Namun, kadang ada juga nasihat yang diberikan oleh orang yang sebenarnya belum memahami bagaimana keadaan kita saat ini.

Karena mungkin orang lain berikan nasihat hanya dengan apa yang dilihat dan didengarnya pada waktu itu, dan belum benar-benar memahami apa yang sedang kamu alami. Sedangkan, dalam memberikan nasihat juga seharusnya benar-benar diperhatikan untuk mencegah kesalahpahaman yang tidak diinginkan.

3. Tidak bergantung dengan nasihat orang lain

Tidak menerima nasihat orang lain bukanlah berarti menolak semua nasihat yang diberikan kepadamu. Menyaring nasihat juga bertujuan untuk lebih teliti dalam menerima nasihat dari orang lain.

BACA JUGA  10 Kreasi Menggunakan Lakban, Aksesoris hingga Dekorasi

Jangan juga beranggapan yang buruk kepada orang lain, tapi bersikaplah bijak dalam memilih nasihat yang bisa untuk kamu terapkan. Dengan demikian, kamu tidak bergantung lagi dan lama-kelamaan akan terlatih untuk menyaring segala nasihat yang ada.

4. Menentukan keputusan sendiri

Nasihat dari orang lain bisa menjadi acuan bagi keputusan yang akan kita buat, apalagi pada saat tidak tahu harus melakukan langkah yang tepat. Namun, yang harus kamu ingat bahwa keputusan atau tindakan itu tetap kamulah yang menentukannya sendiri. Jadi, menyaring nasihat orang lain pun perlu untuk membantu perkembangan diri.

Itulah 4 alasan mengapa harus menyaring nasihat yang diterima dari orang, semoga bisa membantu kamu untuk mengambil sikap dengan bijak atas nasihat-nasihat orang lain.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/