Inspirasi

4 Cara Agar Kamu Tidak Mudah Besar Kepala saat Dipuji Orang Lain, Wajib Diterapkan!

Memang benar, kalau sudah dipuji orang lain ada timbul rasa bangga. Namun, kalau perasaan tersebut tidak dikontrol dengan baik, yang ditakutkan justru rasa sombong atau besar kepala bisa terjadi.

Cobalah diusahakan bisa mengendalikan hal tersebut biar tidak ada hal buruk yang terjadi padamu. Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara agar kamu tidak mudah besar kepala ketika dipuji orang lain.

1. Jangan dianggap sebagai titik puncak perjuanganmu

Jangan biarkan pujian orang lain kamu jadikan sebagai titik puncak dari perjuanganmu selama ini, ya. Perlu diingat bahwa di depan sana masih ada tantangan lainnya yang wajib kamu lewati.

Jadi, jangan sampai merasa puas diri dulu, ya. Bagaimanapun juga, kamu masih perlu mengerjar tujuanmu yang sebenarnya. Pujian dari orang lain janganlah dijadikan patokan sebagai akhir dari perjuanganmu.

2. Sebagai pengingat bahwa bebanmu nanti bakal lebih berat

Kamu perlu menyadari bahwa pujian dari orang lain adalah tanda bahwa ke depannya kamu memiliki beban yang lebih berat lagi. Kalau kamu justru merasa besar kepala karena pujian, secara tidak langsung kamu memiliki kewajiban untuk memenuhi ekspetasi orang lain.

Kalau nanti tidak memenuhinya, justru kamu akan kewalahan. Oleh karena itu, bisa menjadi bumerang bagi dirimu sendiri. Usahakan jangan besar kepala ketika sedang dipuji orang lain, disitulah titik awal dimana kamu memiliki beban berat menanggung harapan mereka padamu.

3. Jangan melebih-lebihkan pencapaian ketika sedang dipuji

Kalau kamu lagi dipuji orang lain, maka jangan sesekali untuk melebih-lebihkan pencapaian yang sudah kamu peroleh. Bagaimanapun juga, sesuatu yang berlebihan pada dasarnya tidaklah baik.

Sikap seperti itu justru menjadikanmu menjadi sosok yang tamak dan menganggap tidak ada orang lain yang bisa mengalahkanmu. Supaya menghindari sikap tersebut, maka kamu hanya perlu mengucap rasa terimakasih kepada mereka.

BACA JUGA  Tetap Rapi di Dapur, 10 Cara Penyimpanan Wadah Tempat Makan

4. Kamu perlu sadar bahwa masih banyak orang yang lebih baik darimu

Hal yang perlu kamu ingat ketika sedang dipuji orang lain adalah sikap menyadari bahwa masih banyak orang di luar sana yang lebih baik darimu. Terlebih lagi, kamu justru perlu bersikap rendah hati atau tidak sombong biar tidak besar kepala.

Oleh karena itu, sekarang kamu tidak perlu berlebihan menanggapi suatu pujian. Bagaimanapun juga, tentu kamu masih belum ada apa-apanya kalau telah mengenal dunia yang sebenarnya.

Nah, itulah empat cara yang bisa kamu terapkan agar tidak besar kepala saat mendapat pujian dari orang lain. Hal yang perlu kamu lakukan sekarang adalah bisa menahan diri biar tidak bersikap berlebihan ketika ada orang lain yang memujimu. Tetaplah rendah hati dan fokus mengejar tujuan hidupmu yang sebenarnya, ya!



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/