Inspirasi

4 Tips agar Me Time Berkualitas, Yuk Terapkan!

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi otak yang penuh dan lelah adalah dengan me time. Me time dianggap sebagai salah satu solusi yang tepat untuk beristirahat sejenak dari lelahnya tubuh dan pikiran setelah menjalani aktivitas seharian penuh.

Banyak sekali dampak negatif yang akan kamu rasakan jika kamu terus-menerus memaksakan otak dan tubuh untuk bekerja tanpa beristirahat. Hal terparah yang bisa dialami adalah munculnya gejala depresi karena stres yang menumpuk.

Kegiatan me time juga harus kamu perhatikan agar waktu yang kamu gunakan untuk refreshing bisa tetap berkualitas dan berhasil. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kegiatan me time kamu berkualitas dan memberi dampak optimal.

1. Pilih aktivitas yang simpel 

Tujuan utama ketika melakukan me time adalah untuk bersantai dan melepas penat dari lelahnya kegiatan. Pilih me time yang simpel dan tidak ribet, jangan sampai niat awalnya ingin bersantai malah justru kerepotan dan ribet. Kamu bisa memilih me time yang simpel seperti mendengarkan musik atau menonton film.

2. Jangan berlebihan

Lakukan kegiatan me time secukupnya dan seperlunya, jika perlu kamu bisa menyetel timer atau alarm agar tidak kebablasan. Waktu ideal untuk me time adalah sekitar setengah jam hingga dua jam. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Kamu harus pandai mengatur waktu kapan harus bersantai dan kapan harus kembali serius.

3. Lakukan secara rutin dan berkala

Untuk menghindari burnout dan stres, kamu bisa mengatur jadwal me time secara rutin dan berkala. Dengan demikian, pikiran kamu akan tetap segar dan tidak mudah stres. Lebih baik melakukan me time secara singkat tetapi rutin dan teratur daripada melakukannya dalam jangka waktu lama tapi sampai lupa waktu.

BACA JUGA  10 Dekorasi Natal yang Bikin Rumah Makin Semarak

4. Selalu evaluasi diri

Ketika sedang menikmati me time, jangan lupa untuk melakukan evaluasi diri. Ketika sedang bersantai, biasanya pikiran kita akan rileks dan mudah diajak berpikir sesuatu yang terkadang tidak sempat kita pikirkan ketika sedang sibuk. Evaluasi diri sendiri, bagaimana selama ini kamu menggunakan waktumu, hal buruk apa saja yang ingin kamu hilangkan, dan lain sebagainya.

Itulah empat tips yang bisa kamu lakukan agar kegiatan me time kamu tetap berkualitas dan memberikan hasil yang optimal. Selamat mencoba!



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/