Inspirasi

5 Alasan Kamu Sering Mengeluh, Kurangi dari Sekarang!

Mengeluh memang manusiawi. Siapa, sih, manusia di dunia ini yang tidak pernah mengeluh? Jadi, memang berkeluh kesah itu wajar-wajar saja dilakukan.

Yang menjadi tidak wajar apabila kamu sering banget melakukannya. Sebentar-sebentar mengeluh. Padahal, masalah yang dihadapi sebenarnya tidak ribet-ribet banget.

Nah, ada beberapa alasan kenapa kamu sering banget mengeluh. Mari simak pembahasan berikut ini!

1. Merasa tidak mampu untuk menghadapinya

Bila dalam diri ada keyakinan bahwa setiap masalah itu pasti bisa diselesaikan, tentu kamu tidak sebentar-sebentar mengeluh. Akibat perasaan rendah diri, tidak cukup memiliki kemampuan untuk mengatasinya inilah penyebab kamu gampang sekali berkeluh kesah.

2. Punya ekspektasi hidup ini sempurna

Sudah kodratnya hidup ini dihiasi dengan berbagai masalah. Justru masalah-masalah itulah yang bikin hidup jadi berwarna.

Hanya saja, kalau sudah terlanjur memiliki ekspektasi bila hidup sempurna maka kamu akan sulit menerima bahwa ternyata kenyataannya tidak seperti itu. Oleh karenanya, sekarang harus sadar, ya, kalau masalah itu sudah jadi bagian hidup manusia.

3. Sering berpikir negatif

Miliki aura negatif juga bisa jadi penyebab kenapa kamu mudah sekali mengeluh, lho! Terbiasa berpikir atau berprasangka buruk membuatmu sulit melihat sisi positif dari masalah yang sedang dihadapi.

Sayangnya, dengan mengeluh malah bikin suasana hatimu lebih buruk lagi. Dengan suasana hati yang buruk, kamu jadi sulit untuk menemukan penyelesaian dari masalah yang sedang dihadapi.

4. Merasa hidup tak adil

Hal lain yang membuatmu gampang mengeluh karena merasa hidup ini tak adil. Kamu selalu memandang bagaimana kehidupan orang lain yang tampak selalu baik-baik saja. Padahal, kalau mau berpikir jernih semua orang punya masalahnya masing-masing, lho!

5. Jauh dari Tuhan

BACA JUGA  10 Hal di Hotel yang Bikin Terkejut, Ada Bed untuk Ponsel

Saat jauh dari Tuhan, hati pun akan gersang. Ketika itu terjadi, masalah yang sepele pun jadi tampak besar. Kamu lupa kalau Tuhan itu selalu memberi ujian sesuai dengan kemampuan hamba-Nya.

Itu dia beberapa penyebab kenapa kamu mudah sekali mengeluh. Sering mengeluh memang tak baik. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh mengeluh sama sekali, ya. Justru terlalu sering memendam masalah dalam hati bisa bikin mentalmu jadi tertekan. Jadi, bersikaplah sewajarnya!



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/