Inspirasi

5 Bahan Ini Bisa Membantu Mencerahkan Selangkangan Hitam, Ada Jeruk hingga Kunyit

5 Bahan Ini Bisa Membantu Mencerahkan Selangkangan Hitam, Ada Jeruk hingga Kunyit

Ilustrasi seseorang yang memiliki masalah selangkangan hitam. (freepik)

Meski tak akan diperlihatkan kepada banyak orang, selangkangan hitam nyatanya menjadi salah satu permasalahan kulit yang sering dikeluhkan.

Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi, karena halodoc, alodokter, dan orami menjelaskan bahwa lima bahan alami ini dapat mencerahkan selangkangan hitam. Semuanya bahkan termasuk mudah ditemukan.

1. Aneka Jeruk

Aneka Jeruk (pixabay)
Aneka Jeruk (pixabay)

Aneka jeruk, seperti lemon atau jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Zat ini dipercaya dapat mengatasi hiperpigmentasi, dimana kulit tampak lebih gelap. Untuk menggunakannya, gosok perlahan pada area selangkangan. Pijat selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

2. Kentang

Kentang (pixabay)
Kentang (pixabay)

Kentang mengandung enzim catecholase yang dipercaya mampu mencerahkan kulit, termasuk selangkangan hitam. Cara menggunakannya, potong hingga menjadi irisan, lalu gosok perlahan pada area yang gelap. Lakukan selama 15 menit, kemudian bilas.

3. Scrub Gula

Gula Pasir (pixabay)
Gula Pasir (pixabay)

Gula bisa dijadikan bahan eksfoliasi alami karena butiran kasarnya diketahui mampu mengangkat sel kulit mati. Penumpukan ini seringkali menyebabkan kulit termasuk di selangkangan menjadi lebih gelap.

Namun, dalam penggunaannya dianjurkan mencampurkan lemon serta madu agar memperoleh hasil yang maksimal. Oleskan dan gosok racikan tersebut pada selangkangan. Kemudian, bilas hingga bersih.

4. Mentimun

Mentimun (pixabay)
Mentimun (pixabay)

Kamu pasti tahu jika mentimun mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin dan mineral. Kedua zat tersebut nyatanya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah selangkangan yang hitam, lho.

Parut mentimun secukupnya, kemudian gosokkan perlahan selama 30 menit pada area selangkangan. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat hingga bersih. 

BACA JUGA  4 Sifat Ini Menandakan Kamu Belum Siap Menikah, Tidak Perlu Buru-buru!

Rutin menggunakan parutan mentimun juga akan membuatmu menerima beragam manfaat lain, seperti kulit di sekitar selangkangan yang terasa lebih kencang serta terhindar dari iritasi.

5. Bubuk Kunyit

Bubuk Kunyit (pixabay)
Bubuk Kunyit (pixabay)

Kunyit diketahui memiliki kandungan senyawa pigmen berwarna kuning yang dapat mencerahkan selangkangan secara cepat. Cara penggunaannya sendiri, campurkan bubuk kunyit dengan perasan jeruk nipis atau lemon.

Lalu, oleskan pada area selangkangan yang gelap. Diamkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan seperti ini secara rutin sebanyak dua kali dalam seminggu.

Itulah lima bahan yang diketahui bisa mencerahkan selangkangan hitam. Kira-kira, poin nomor berapa yang akan kamu pakai untuk mengatasi masalah tersebut?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.




Tampilkan lebih banyak



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/