Inspirasi

5 Cara Mencintai Diri Sendiri, Selain Memberi Self Reward yang Berujung Boros

Ada banyak cara yang bisa dilakukan sebagai bukti cinta terhadap diri sendiri. Salah satunya yang paling lazim adalah dengan memberikan penghargaan atau hadiah untuk diri sendiri, atau biasa disebut self reward.

Namun, ada sebagian orang yang kurang menyukai cara tersebut. Sebab, self reward ini, bila tidak disikapi dengan bijak, maka akan lebih cenderung mengarah ke perilaku boros. Nah, ada cara lain untuk mencintai diri sendiri tanpa harus menghamburkan uang. Apa sajakah itu. Yuk, cek, pembahasan berikut!

1. Tidak segan untuk berkata “tidak”

Ketika ada seseorang yang memintamu melakukan sesuatu hal untuknya, dan itu di luar kemampuanmu, maka jangan ragu berkata “tidak”. Kamu mesti menghilangkan sikap “tidak enakan” ini agar kamu bisa memulai langkah pertama dalam upaya mencintai diri sendiri.

Jika kamu bersikeras dan punya empati untuk tetap memberikan pertolongan, cobalah tawarkan bantuan dalam bentuk lain yang sekiranya dapat kamu kerjakan tanpa merasa terbebani.

2. Tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Setiap bunga punya waktu mekarnya tersendiri. Sama halnya kamu dan orang lain di sekitarmu, punya waktunya masing-masing.

Ada yang sukses dalam waktu cepat, ada juga yang butuh waktu sedikit lebih lama untuk mencapai apa yang diinginkan.

Pada akhirnya semua akan mekar di waktu yang tepat. Jadi, tak perlu membandingkan dirimu lagi dengan siapa pun.

3. Merelakan hal-hal yang ada di luar kendali

Tidak semua hal dalam hidupmu bisa kamu kendalikan. Pengalaman buruk yang sudah terjadi biarlah terjadi. 

Tidak perlu menyudutkan diri sendiri, karena semua yang kamu alami tak sepenuhnya berasal dari kesalahanmu sendiri. Kamu harus menerima bahwa ada hal-hal yang memang tak dapat kamu ubah dalam hidupmu.

BACA JUGA  10 Kreasi Unik dari Tutup Botol, Bisa Jadi Karya Seni Menarik

Namun, kamu tetap bisa memetik makna yang terkandung di dalamnya, dan belajar darinya.

4. Mencurahkan isi hati ke orang yang kamu percaya

Terkadang, kegundahan hati akan terasa semakin menyakitkan jika dipendam terlalu lama. Kalau kamu tak sanggup lagi menanggungnya seorang diri, sesekali lepaskanlah segala keluh kesahmu di hadapan orang yang benar-benar tulus dan dapat memahamimu sepenuhnya.

Diharapkan setelah kamu mencurahkan isi hatimu, kamu bisa merasa lebih lega, dan mendapat dukungan moral dari orang yang menaruh empati terhadapmu.

5. Tidak mesti menyenangkan semua orang

Apa yang kamu lakukan itu bisa membuat orang lain senang, bisa juga membuat orang lain semakin tak suka padamu. Namun, terserah mereka mau menganggapmu seperti apa, yang penting kamu harus tetap konsisten pada apa yang menurutmu benar.

Ingat, kamu tidak memiliki kewajiban untuk membahagiakan semua orang. Tugas kamu sebagai manusia hanyalah menebarkan kebaikan, tanpa harus mendengarkan komentar miring dari orang lain.

Sudah siap untuk lebih mencintai diri sendiri? Yuk, praktikkan lima cara di atas untuk kehidupan sehari-hari yang lebih baik.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/