Inspirasi

5 Hal yang Sebaiknya Dihindari Jika Ingin Sukses, Wajib Catat!

Indikator kesuksesan seseorang merupakan hal yang sangat relatif. Namun bagi sebagian besar orang, kesuksesan selalu dikaitkan dengan jumlah materi yang dimiliki. Pada dasarnya setiap orang bebas menentukan indikator sukses versinya sendiri. Hidup bahagia, sehat, dan mewah mungkin menjadi idaman setiap orang. Namun, bagaimana untuk mencapai semua kesuksesan tersebut? 

Berikut 5 hal yang sebaiknya dihindari jika ingin sukses. Yuk, langsung kita simak! 

1. Terjebak di masa lalu 

Hal pertama yang perlu dihindari adalah terjebak di masa lalu. Segala kesalahan maupun kegagalan di masa lalu merupakan pengalaman yang dapat dijadikan pelajaran untuk kedepannya. Sama halnya dengan pepatah bahwa guru yang terbaik adalah pengalaman. Namun seringkali kegagalan di masa lalu membuat kita takut dan ragu untuk kembali melangkah, solusi terbaik untuk masalah ini adalah mencoba menerima segala kesalahan dan merefleksikan penyebab kegagalan, serta menemukan solusinya. Kita juga perlu memahami bahwa waktu terus berjalan dan kita tidak bisa terpuruk pada satu titik, melainkan terus melangkah dan melanjutkan hidup kita atau istilahnya move on. 

2. Selalu ingin berada di zona nyaman 

Hal yang perlu dihindari jika ingin sukses adalah keinginan untuk berada di zona nyaman. Seringkali, kita merasa nyaman dan puas dengan segala pencapaian yang telah kita raih. Tanpa sadar, kita berhenti untuk belajar dan mengembangkan diri. Padahal, jika kita mencoba untuk keluar dari zona nyaman tentu banyak pengalaman atau pelajaran yang mungkin bisa kita dapatkan. Rasa cepat puas dan ingin berada di zona nyaman ini perlu kita hindari jika ingin terus berkembang. Ingatlah, bahwa waktu terus berputar dan perkembangan zaman membawa kita pada suatu kemajuan, maka untuk mengimbanginya juga diperlukan skill atau kompetensi-kompetensi yang menunjang untuk mengikuti arus perkembangan zaman.  

BACA JUGA  Mayoritas di Asia, Ini 10 Gunung Tertinggi di Dunia Paling Sering Didaki

3. Menyalahkan dan hanya bisa mengkritik

Hal selanjutnya yang perlu dihindari adalah kebiasaan untuk menyalahkan dan mengkritik orang lain. Menjalin relasi dengan orang lain perlu diikuti dengan rasa menghormati satu sama lain. Cara lainnya yang dilakukan untuk menjalin relasi adalah membangun komunikasi yang baik. Kebiasaan menyalahkan atau mengkritik sebaiknya kita kurangi untuk menunjang komunikasi yang baik tersebut. Kita perlu belajar untuk menyampaikan pendapat atau kritik dengan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung atau menjatuhkan orang lain. Anggapan atau perasaan bahwa kita memiliki kedudukan atau merasa lebih baik,  tidak dapat menjadi dasar untuk menjatuhkan orang lain. Namun, jika ada hal yang keliru atau kurang sesuai kita bisa menegurnya secara sopan dan sampaikan pula kritik yang membangun atau disertai dengan solusi maupun saran kepada orang yang kita kritisi. Ingat bahwa relasi juga menjadi faktor penentu kesuksesan kita, lho! So, pastikan kita jalin relasi seluas dan sebaik mungkin ya. 

4. Menghabiskan uang 

Hal yang perlu dihindari selanjutnya adalah menghabiskan uang untuk melakukan pemborosan. Seringkali saat memiliki sejumlah uang, banyak hal yang kita inginkan dan akhirnya memutuskan untuk membelinya. Padahal yang kita beli bukan menjadi prioritas kebutuhan. Salah satu kunci kesuksesan adalah hidup sederhana dan berbelanja sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan. So, mulai sekarang mulai catat dan atur keuangan kita! 

5. Lupa bersyukur 

Hal terakhir yang perlu dihindari adalah lupa bersyukur. Saat mencapai titik tertentu atau berada pada kesuksesan yang kita harapkan dan idamkan, kita mungkin sering lupa untuk mensyukurinya. Tak jarang, selalu ada perasaan kurang dan selalu ingin lebih selayaknya manusia pada umumnya. Namun, yang perlu kita catat adalah bersyukur untuk segala kondisi dan apa yang telah diperoleh.  Jangan lupa untuk berbagi sebagai wujud rasa syukur atau ekspresikan rasa syukur kita pada hal-hal yang positif serta memberi manfaat bagi orang di sekitar kita. 

BACA JUGA  Fresh, 10 Potongan Rambut Pixie yang Adem dan Simpel

Itulah 5 hal yang harus dihindari jika ingin meraih kesuksesan. Tetap semangat wujudkan sukses versi kamu! 



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/