Inspirasi

5 Kebiasaan yang Harus Disiapkan sebelum Anak Masuk TK

Saat anak sudah berusia 5 tahun, maka sudah diperbolehkan untuk masuk sekolah TK. Selain kemampuan akademik, ada etika dan kebiasaan yang harus dilatih sejak dini. Hal tersebut patut menjadi catatan setiap orang tua sehingga putra dan putrinya tidak minder ketika berbaur dengan teman sebayanya. 

Memang tidak mudah membiasakan anak untuk melakukan apa yang kita bayangkan. Banyak pula yang bilang, biarkan anak tumbuh sendirinya. Tapi ketika sekolah, anak juga harus bisa mengimbangi teman yang lain beserta kemampuan yang menjadi tolok ukur sekolah untuk menerima siswanya. 

Berikut ini adalah 5 kebiasaan yang harus dipersiapkan sebelum anak masuk TK.

1. Bangun pagi

Bangun pagi adalah kebiasaan utama yang harus dilatih kepada anak. Karena ketika bersekolah nanti, ada aturan jam sekian pagi sudah harus datang ke sekolah. Anak yang sudah dibiasakan untuk bangun pagi, tidak khawatir menghadapi itu.

Sebagai orang tua, kita harus melatih anak dimulai dengan membiasakannya tidur lebih awal sehingga bisa bangun lebih pagi atau tidak kurang tidur. Memang membutuhkan proses, makanya jangan mengajarkannya secara dadakan. Untuk membuat anak bisa tidur lebih awal, kita harus pandai mengeluarkan jurus. Misalnya, mematikan lampu, membuat suasana senyaman mungkin, membacakan dongeng, atau yang lainnya.

2. Duduk tenang

Ketika masuk TK, anak juga harus sudah terbiasa duduk dengan tenang. Karena ia harus bernyanyi dan bermain dengan teman berserta gurunya di dalam kelas. Jadi, anak harus dilatih untuk fokus. Membiasakan anak duduk tenang bisa dilakukan dengan mengajaknya membaca buku, mengobrol, atau yang lainnya. 

3. Kemandirian

Kemandirian juga merupakan hal yang penting untuk dikuasai anak. Ketika masuk TK setidaknya anak sudah bisa makan dan minum sendiri, menyiapkan alat sekolah, berkemas, menunjukkan apa yang ia inginkan.

BACA JUGA  Kenali 4 Budaya Kerja Ini, Jangan Sampai Salah Kaprah!

4. Bersosial

Sebelum anak masuk TK, penting untuk mengajarkannya bersosial dengan orang lain. Misalnya, teman sebayanya atau sering mengenalkannya kepada orang baru. 

Jika sudah terbiasa bersosial, ketika bersekolah ia akan lebih mudah untuk akrab dengan teman barunya, tidak melulu mencari ibunya saja.

5. Toilet training

Anak pun sudah harus lulus toilet training. Artinya, anak sudah harus menunjukkan kemampuan untuk buang air di kamar mandi. Baik itu mengatakannya untuk izin kepada guru di kelas, maupun melakukannya sendiri tanpa bantuan.

Itulah 5 kebiasaan yang harus dipersiapkan sebelum anak masuk TK. 



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/