Inspirasi

5 Tanda Kamu Sudah Bisa Mengelola Keuangan dengan Baik, Lanjutkan!

Tak semua orang yang berpenghasilan mampu mengelola keuangan dengan baik. Tidak sedikit yang sudah punya penghasilan besar tapi nyatanya kondisi keuangannya tetap saja berantakan.

Berikut akan dibahas tanda-tanda kalau kamu sudah mengelola keuangan dengan baik. Apa saja cirinya? Mari simak lebih lanjut!

1. Kamu tahu ke mana saja uang yang dihabiskan

Hal pertama yang dapat menandakan kalau kamu sudah mampu mengelola uang dengan baik, yakni kamu tidak sembarangan menghabiskan uang. Kamu tahu ke mana saja uang itu dihabiskan karena sudah ada pencatatan.

Pencatatan ini penting supaya kamu bisa mengevaluasi bagaimana kondisi keuanganmu selama sebulan. Apakah ada pos-pos pengeluaran yang tak perlu dan bisa dihemat.

2. Selalu bayar cicilan tepat waktu

Ciri lain kalau kamu sudah mengelola uang dengan baik, yakni tidak ada kesulitan dalam membayar cicilan. Tidak pernah lewat dari tenggat waktu apalagi sampai ditagih debt collector segala. Kamu sudah memiliki jadwal kapan cicilan itu harus dibayar, dan sudah dialokasikan uangnya. Jadi, bayar cicilan selalu lancar!

3. Memiliki dana darurat

Ada banyak karyawan yang berpenghasilan menngakui kesulitan untuk menabung. Memang ada yang disebabkan penghasilannya kecil, sehingga jangankan buat menabung, buat memenuhi kebutuhan sehari-hari saja kesulitan.

Namun, tidak sedikit yang mentidaku kesulitan menabung padaha gajinya sudah besar. Tapi, kamu tidak seperti itu. Sekalipun gajimu tidak gede-gede banget, tetap disisihkan untuk tabungan sebagai dana darurat. Buat jaga-jaga kalau ada hal yang tak terduga!

4. tidak tergoda untuk belanja secara impulsif

Ciri lainnya kamu sudah mengelola uang dengan baik, yakni tidak tergoda sekalipun ada diskon besar. Selama hal itu tidak ada di anggaran, maka kamu tidak punya alasan untuk membelinya. Bagimu pantang untuk belanja secara impulsif. Karena biasanya belanja tiba-tiba itu hanya disebabkan keinginan semata, bukan karena kebutuhan.

BACA JUGA  Sejarah Badut, Penghibur di Kerajaan yang Berubah Jadi Sosok Menakutkan

5. Selalu berusaha bayar tunai

Sekalipun ada cicilan, tapi kamu tidak sembarangan mengambil kredit. Biasanya hal itu benar-benar kondisi mendesak, dan memang bisa dipastikan keuanganmu mampu untuk membayarnya. Misalnya, saat butuh barang tertentu yang mendesak tapi uangnya belum cukup. Baru, deh, kamu ambil cicilan.

Selain itu, kamu selalu berusaha membayar tunai. Untuk barang yang tidak mendesak, kamu pilih menabung dulu baru membelinya.

Itu dia beberapa tanda kalau kamu sudah mengelola keuangan dengan baik. Pertahankan terus, ya!



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/