FEATURED

Ada apa tanggal 18 Februari

Ada apa dengan tanggal 18 Februari? 18 Februari diperingati hari apa?

18 Februari ada apa
18 Februari Hari Apa ( sumber gambar: https://pixabay.com/id/photos/galaksi-bintang-ketakterbatasan-3608029/ )

Eng ing eng ternyata tanggal 18 Februari merupakan hari bersejarah dalam dunia astrologi yaitu terdapat penemuan sebuah planet yang dikenal dengan nama Pluto.

Sejarah Singkat Tanggal 18 Februari ditemukannya planet Pluto

Dalam pelajaran tata surya di sekolah dasar mungkin kita diminta untuk mengururtkan nama nama planet ya kan? Tentu kamu masih ingat apa saja urutan dan nama planet dari yang terdekat dengan matahari sampai ke yg jaraknya sangat jauh dari matahari. Jika kamu lupa ini urutannya: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan urutan terakhir adalah pluto

Jadi urutannya pluto ini memiliki urutan paling terakhir dalam sistem tata surya yang pernah kita pelajari, itu artinya jarak pluto berada di posisi terjauh dari matahari jika dibandingkan dengan planet-planet lain yang ada didalam tata surya.

Semakin jauh jarak sebuah planet maka waktu orbit planet tersebut tentu akan semakin lama, kita berada di planet bumi dan bumi membutuhkan waktu 24 jam untuk satu kali orbit sedangkan pluto membutuhkan waktu 248 tahun untuk satu kali orbit. Sangat berbeda jauh bukan?

Oh iya, kamu tentu sudah tau ya kan apa itu orbit? Jika belum tau orbit adalah masa atau waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengelilingi atau memutari matahari, jadi planet diluar angkasa sana bergerak berputar mengelilingi matahari. Dari tempat dia memulai sampai kembali lagi ke tempat semula disebut 1x orbit. Seperti yang dijelaskan sebelumnya setiap planet membutuhkan waktu orbit yang berbeda-beda.

BACA JUGA  Cara Cek NRG Guru Dengan SIMPKB dan NUPTK

Pluto membutuhkan waktu 248 tahun untuk 1 kali orbit artinya pergantian hari di pluto sangat lama 248 tahun. Kalo kita dibumi pergantian hari hanya 24 jam saja.

Penemuan Pluto pada tanggal 18 Februari 1930

Pluto ditemukan oleh Clyde W Tombaugh dari foto antariksa yang dibuat pada bulan Januari (1930). Clyde William Tombaugh adalah seorang astronom Amerika Serikat yang menemukan Planet Pluto pada tahun 1930. Pada 13 Maret 1930 penemuan Pluto baru diumumkan kepada public. Tanggal penemuan ini juga sama dengan peringatan kelahiran Lowell dan penemuan Uranus oleh William Herschel.

Dulu sebelum 2006 Pluto dikategorikan sebagai planet, akan tetapi semenjak 24 Agustus 2006 pada Konferensi Persatuan Astronom Internasional di Praha, Ceko memutuskan bahwa Pluto bukan lagi sebuah planet melainkan digolongkan ke dalam planet kerdil.

Dari sekian banyak peristiwa tentu ada sebuah peristiwa yang tercatat dan diperingati oleh sebagian kelompok orang didalam bidang dan tempat masing-masing. Ini adalah salah satunya saja peristiwa penting dan bersejarah yang perlu kita ketahui pada tanggal 18 februari. 

Jadi tanggal 18 februari hari apa sudah terjawab, atau kamu menanyakan tanggal 18 februari memperingati hari apa kamu sudah tau jawabannya, semoga bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/