Berita

Asal Tidak Digunakan Berlebihan, Ini 5 Manfaat Lidah Buaya bagi Kesehatan

Lidah buaya atau aloe vera merupakan salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan di Indonesia karena dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan kulit maupun tubuh. Hal ini diperoleh dari banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Menyadur alodokter dan sehatq, di bawah ini ada 5 manfaat lidah buaya yang perlu kamu ketahui. Namun, pastikan tidak menggunakan atau mengonsumsinya secara berlebihan karena dapat memberikan berbagai efek samping.

1. Mengatasi Jerawat

Berkat kandungan asam salisilat dan berbagai senyawa antiseptik, lidah buaya dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Menurut penelitian, rutin mengoleskan gel tanaman ini tiap pagi dan sore akan mengurangi keberadaan jerawat. Kulitmu pun menjadi lebih bersih dan tentunya bisa kembali percaya diri.

2. Melancarkan Buang Air Besar

Lidah buaya juga memiliki lateks yang sudah dikenal bermanfaat sebagai obat pencahar. Maknanya, cocok digunakan bagi kamu yang sedang mengalami kesulitan buang air besar atau sembelit. 

Di mana feses yang terasa keras akan dibantu untuk keluar. Namun, penggunaan lidah buaya ini harus hati-hati sebab dapat menimbulkan efek samping, seperti diare.

3. Melembapkan Kulit

Tak hanya jerawat, lidah buaya juga diketahui mampu mengatasi kulit kering. Pasalnya, terdapat beragam kandungan seperti enzim, mineral, antioksidan, serta vitamin A, C, dan E yang dapat memperkuat lapisan pelindung kulit, sehingga kondisinya akan menjadi lebih lembap.

4. Memelihara Kesehatan Rongga Mulut

Lidah buaya juga banyak dijadikan bahan produk mulut, seperti pasta gigi dan obat kumur karena dapat membantu mengurangi plak penyebab gigi berlubang. Selain itu, manfaat lainnya pun bisa dirasakan, yakni radang gusi serta mencegah infeksi jamur.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Ekstrak lidah buaya diketahui memiliki kandungan yang berpotensi menjadi obat diabetes. Mengonsumsinya setiap hari disebut dapat menurunkan kadar gula bagi para penderitanya. 

BACA JUGA  Yuk, Ambil Kode Redeem FF Hari Ini 21 Maret 2022!

Namun, hindari penggunaan bersamaan dengan obat diabetes. Pasalnya, jumlah glukosa akan menurun secara signifikan, dimana bisa membahayakan kesehatan.

Itulah lima manfaat lidah buaya atau aloe vera yang ternyata tidak hanya baik untuk kulit. Namun, porsinya jangan berlebihan karena dapat memberikan efek samping yang cukup membahayakan.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/