FEATURED

Cara Belajar Agar Mudah Dipahami Begini Tips nya

Cara Belajar Agar Cepat Paham dan Ingat, tidak bosan, ngantuk, cepat pintar, dan masuk otak.

Cara belajar agar mudah dipahami

Cara Belajar Agar Cepat Paham dan Ingat tentu menjadi keinginan setiap orang, namun pada kenyataannya belum semua orang memiliki cara belajar yang baik sehingga dapat menimbulkan rasa bosan, ngantuk, capek, dan lain sebagainya sehingga belajar akan terasa sulit untuk paham dan ingat apa yg dipelajari, dan terkadang sulit dalam menerima pelajaran masuk ke otak.

Lalu bagaimana cara menyikapinya? Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara belajar agar mudah dipahami, silahkan simak sampai selesai semoga tulisan ini dapat memberikan solusi bagi permasalahan seperti yang disebutkan diatas.

Artikel yang kami sajikan meliputi: Cara Belajar Agar Cepat Paham dan Ingat, Cara belajar agar tidak bosan, Cara belajar agar tidak ngantuk, Cara belajar cepat paham dan ingat dalam Islam, Cara belajar agar cepat pintar, Cara belajar agar masuk otak.

Cara Belajar Agar Cepat Paham dan Ingat

Belajar merupakan sebuah proses perubahan dari tidak tau menjadi tau, belum mengenal menjadi mengenal, belum paham menjadi paham. Agar kegiatan belajar dapat menghasilkan perubahan seprrti yg disebutkan sebelumnya maka kita membutuhkan cara belajar yang baik, jika tidak maka dikhawatirkan akan membuang waktu dan bahkan menimbulkan rasa malas untuk belajar. Berikut beberapa cara belajar agar cepat paham dan ingat

Pahami Karakter Belajar

Setiap orang memiliki cara belajar yg berbeda-beda, namun pada umumnya ada 3 cara belajar seseorang yaitu belajar menggunakan audio, belajar menggunakan visual, dan belajar menggunakan audio visual.

Cara belajar audio dimaksudkan adalah cara belajar yg lebih dominan disukai, lebih nyaman, dan lebih mudah dipahami jika belajar dengan menggunakan media suara, misalnya dalam mempelajari sesuatu seseorang akan lebih mudah menghafal dan mengingat dengan mendengarkan rekaman materi pembelajaran.

Cara belajar visual artinya cara belajar yang lebih disukai dengan media gambar dan warna. Bagi yang dominan dengan cara belajar menggunakan visual ini tentu harus menyiapkan gambar pendukung, tulisan berwarna warni, kertas/buku yg berwarna dengan demikian bagi pemilik gaya belajar ini mereka akan lebih mudah dalam mengingat dan memahami materi pelajaran
Cara belajar audio-visual, nah kalo cara belajar yg satu ini tentu gabungan atau combinasi dari cara belajar audio dan visual artinya mereka akan sangat menyukai belajar dengan menonton sebuah video, sebuah film, sebuah animasi dan lain sebagainya.

Nah, dari ketiga jenis cara belajar tersebut perlu diketahui bahwa tidak ada istilah cara belajar terbaik, akan tetapi cara belajar yang terbaik adalah belajar dengan gaya dan cara belajar yang disesuaikan dengan diri sendiri. Dengan mengetahui cara belajar pada diri sendiri diharapkan mampu menambah semangat belajar.

Motivasi belajar atau semangat belajar tentu sangat berperan dalam kesuksesan seseorang dalam belajar. Ibarat sebuah kendaraan kita adalah kendaraannya sementara motivasi belajar adalah bahan bakar yg berfungsi untuk menggerakkan mesin tersebut.

Motivasi dalam belajar sangat menentukan kesuksesan seseorang dalam belajar, bahkan ada yang mengatakan bahwa kesuksesan seseorang 80% dipengaruhi oleh motivasi sementara yg lainnya 20% dipengerahui oleh IQ. Jadi dengan mengetahui cara belajar pada diri sendiri akan menciptakan cara belajar yang mudah dipahami dan dimengerti bagi setiap orang. Lalu bagaimana cara belajar agar tidak bosan?

Cara belajar agar tidak bosan

Jika kamu seorang guru maka cara yang tepat adalah dengan menggunakan strategi, model, media, dan metode belajar yang bervariasi jangan hanya menggunakan satu jenis saja, sehingga para siswa tidak bosan jika belajar bersama dengan kamu. Jika kamu seorang siswa atau seorang yang sedang ingin belajar sendiri dirumah maka kamu dapat mengkombinasikan cara belajar seperti yg dijelaskan diatas, mencari tempat belajar yang nyaman dan belajar ditempat yang berbeda (jika diperlukan) misalnya di taman, di cafe, di mall dan lain sebagainya. Terkadang kita merasakan ngantuk yang luar biasa saat belajar dan hal tersebut bukan suatu yang aneh, hampir setiap orang pasti akan mengalaminya. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara belajar agar tidak ngantuk

Meski tidak mengeluarkan tenaga fisik, belajar juga membutuhkan energi untuk mensuplai energi ke otak kita. Rasa kantuk disebabkan oleh rasa jenuh daat belajar. Untuk menghilangkan rasa jenuh tersebut kita harus melakukan tips tips diatas. Selanjutnya belajar agar tidak ngantuk juga perlu kita siapkan beberapa hal seperti menyiapkan tenaga dengan sedikit makan dan minum sebelum belajar, dan yang paling penting adalah menjaga pola tidur yang baik, rasa kantuk tidak ada obat yang lebih mujarab selain waktu tidur yang cukup oleh karenanya kita perlu mengatur pola tidur kita agar belajar lebih bersemangat.

Nah demikian cara agar belajar mudah dipahami, cepat paham, Cara belajar agar tidak bosan, Cara belajar agar tidak ngantukCara belajar agar cepat pintar, Cara belajar agar masuk otak. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA  Cara Membuat Link Google Drive di Hp dan Laptop Untuk Berbagai Keperluan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/