Inspirasi

Cobalah 5 Cara Ini jika Kamu Ingin Berdamai dengan Diri Sendiri

Berdamai dengan diri sendiri memang bukanlah pekerjaan yang mudah. terkadang kamu berekspetasi atau berharap terlalu tinggi kepada dirimu sendiri. Hal tersebut justru akan menambah beban untukmu, apalagi jika ekspetasi dan target yang dibuat tidak sesuai dengan kemampuan dirimu untuk meraihnya.

Salah satu pemicu susahnya berdamai dengan diri sendiri adalah kamu suka membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Merangkum dari beberapa sumber berikut cara agar kamu bisa berdamai dengan dirimu sendiri:

1. Percaya pada diri sendiri

Tumbuhkanlah rasa percaya diri dalam dirimu. Yakinlah pada dirimu sendiri bahwa kamu akan bertumbuh melalui pengalaman pribadimu. Jangan takut melakukan kesalahan, karena kamu bisa belajar menjadi pribadi yang lebih baik lagi melalui kesalahan. Bersabarlah dan beri waktu untuk dirimu belajar adalah sebagian dari berdamai dengan diri sendiri.

2. Berikan waktu untuk diri sendiri

Kamu perlu memberikan waktu untuk dirimu sendiri, supaya kamu bisa merenungkan apa yang telah kamu lalui selama ini. Kamu juga bisa mempertimbangkan apa yang akan dilakukan kedepannya. Kamu juga bisa membuat jadwal yang efektif dan fleksibel agar kamu tidak terlalu banyak menyendiri karena hal tersebut bisa merugikan dirimu sendiri.

3. Berusaha untuk memahami rasa kecewa

Rasa kecewa dan sedih akan selalu beriringan dengan kehidupan manusia, sebagai manusia biasa kamu tidak mungkin terhindar dari hal tersebut. Cobalah untuk menerima rasa kecewa itu dengan baik dan hadapi perasaan tersebut dengan tegar.  Jangan berusaha untuk menghindarinya ya karena itu hanya akan membuatmu menunda-nunda untuk melaluinya.  

4. Peduli dengan diri sendiri

Memang peduli dengan diri sendiri terdengar mudah, namun tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut. Pasti kamu pernah selalu mendahulukan orang lain dan seolah kebutuhan dan kepentinganmu tidak lebih penting dari orang lain. Hal tersebut justru akan membuatmu mengecilkan dirimu sendiri. Cobalah untuk mencintai dirimu sendiri dengan menyamakan perasaanmu dengan perasaan orang lain. Percayalah bahwa perasaanmu sama pentingnya dengan perasaan orang lain. 

BACA JUGA  Konsep Industrial, 10 Inspirasi Desain Ruang Tamu Trendy

5. Jangan memiliki sifat ketergantungan pada orang lain

Sesuatu hal yang wajar apabila kamu membutuhkan orang lain di sekelilingmu karena kamu adalah makhluk sosial yang hidup secara berdampingan. Namun bukan hal yang baik pula kan apabila kamu terlalu bergantung kepada orang lain. Ketika kamu memiliki sifat ketergantungan ini maka secara otomatia kamu memiliki ekspetasi yang tinggi terhadap orang itu. Apabila ekspetasi tersebut tidak terpenuhi maka kamu akan merasa kecewa dengan orang tersebut. Maka kamu jangan menahan orang tersebut untuk selalu berada di kehidupanmu agar dia bisa merasakan kebahagiaannya sendiri.

Itulah lima cara agar kamu bisa berdamai dengan dirimu sendiri. Semoga bermanfaat.

Sumber:

14 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri

https://hellosehat.com/mental/stres/berdamai-dengan-diri-sendiri/



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/