Inspirasi

Inilah 6 Cara Rasulullah Mencintai Para Istrinya Sebagaimana dalam Hadis

Suami yang baik tentu tidak akan tega dan tidak akan berbuat sesuatu ketika melihat istrinya sedang bersedih hati, selain berusaha sekuat tenaga untuk menghilangkan kesedihan istrinya.

Bagaimana Rasulullah menghadirkan cinta di tengah-tengah para istrinya agar rasa kasih sayang senantiasa terus terjalin?

Berikut enam cara Rasulullah mencintai para istrinya: 

1. Suka berbincang dengan istrinya di malam hari

Dalam sebuah hadis dikatakan, “Dahulu Rasulullah jika berkumpul bersama Aisyah di malam hari, maka Rasulullah berbincang-bincang dengan putri Abu Bakar.” (HR. Bukhari)

Hadis ini menunjukkan bahwa suami yang baik adalah lelaki yang meluangkan waktunya untuk berbicara dengan istri. Berbicara seputar hal yang bermanfaat, baik perkara dunia maupun akhirat.

Hadis ini juga mengisyaratkan bahwa rumah tangga yang harmonis terwujud apabila terjadi komunikasi yang baik antar anggota keluarga.

2. Suka membantu pekerjaan rumah tangga

Aisyah binti Abu Bakar pernah ditanya oleh salah seorang sahabat, “‘Apakah yang Rasulullah lakukan ketika berada di rumah bersama istrinya?’ Aisyah menjawab, ‘Dahulu Rasulullah biasa membantu pekerjaan rumah tangganya.'” (HR. Bukhari)

Suami yang baik, sebagaimana hadis di atas, adalah lelaki yang tidak sungkan atau tidak gengsi membantu istri mengerjakan tugas-tugas rumah tangga. Mengerjakan pekerjaan rumah tangga bukanlah sesuatu yang merendahkan derajat suami, justru sebaliknya, pekerjaan itu mampu mengangkat derajat sang suami.

Oleh karena itu, kenapa Rasulullah mempunyai maqam atau derajat yang tinggi? Salah satunya sebab beliau suka membantu istrinya menyelesaikan tugas-tugas rumah tangga.

3. Menyatakan cinta kepada istri secara verbal

Rasulullah pernah bersabda, “Aku diberi rezeki berupa rasa cinta kepada istriku.” (HR. Muslim)

Hadis ini memberi anjuran untuk mengungkapkan cinta kepada istri. Mengungkapkan rasa cinta kepada istri secara tulus merupakan salah satu cara merekatkan hubungan cinta kasih antara suami dan istri. Asalkan ungkapan itu memang benar-benar murni dari hati, bukan sekadar kata-kata gombal.

BACA JUGA  Mengenal Suku Hopi, Bangsa Primitif Amerika yang Sering Terbukti Ramalannya

4. Tidak pernah membenci istri-istrinya

Rasulullah bersabda, “Janganlah seorang mukmin benci kepada seorang wanita mukminah (istrinya). Jika ia membenci sebuah sikap (akhlak) istrinya, maka ia akan ridha dengan sikapnya (akhlaknya) yang lain.” (HR. Muslim)

Suami yang paling sedikit mendapat taufik dari Allah dan yang paling jauh dari kebaikan adalah seorang suami yang melupakan seluruh kebaikan-kebaikan istrinya, atau pura-pura melupakan kebaikan-kebaikan istrinya dan menjadikan kesalahan-kesalahan istrinya selalu di depan matanya.

Bahkan, terkadang kesalahan istrinya yang sepele dibesar-besarkan, dan masih dibumbui dengan prasangka buruk yang akhirnya menjadikannya berkesimpulan bahwa istrinya sama sekali tidak mempunyai kebaikan.

5. Tidak pernah memukul istri-istrinya

Dalam sebuah hadis dikatakan, “Aisyah pernah bertutur, ‘Suamiku tidak pernah memukul istrinya meskipun satu kali.'” (HR. Nasa’i)

Hadis ini menunjukkan bahwa Rasulullah merupakan suami sejati yang tidak pernah satu kali pun memukul atau melakukan kekerasan fisik kepada para istrinya. Hal ini harus diketahui oleh para suami, terutama para suami yang suka memukul istrinya.

6. Menghibur ketika istrinya sedih

Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda, “Suatu saat Shafiyah melakukan perjalanan bersama Rasulullah. Saat itu adalah gilirannya. Dia ketinggalan rombongan, karena untanya berjalan lambat, lalu dia menangis. Maka, Rasulullah datang mengusapkan air matanya dengan kedua tangannya, kemudian berusaha membuat Shafiyah berhenti menangis.” (HR. Nasa’i)

Dari hadis ini, bisa diambil hikmah bahwa menghibur istri merupakan kewajiban suami. Begitu juga sebaliknya, istri juga harus mampu memberi kebahagiaan dan ketenangan kepada suaminya.

Demikianlah enam cara Rasulullah dalam mengekspresikan cinta terhadap para istrinya. Semoga manfaat!



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/