Berita

OJK Peringatkan Kripto Berpotensi Jadi Ladang Pencucian Uang

OJK memperingatkan semua orang jika kripto sangat berpotensi jadi ladang pencucian uang oleh segelintir oknum yang tidak bertanggung jawab. Harus makin hati-hati nih guys!

Seperti yang sudah sama-sama kita tau, cryptocurrency memang sedang booming di Indonesia dan sudah banyak orang yang terjun ke dunia kripto, karena dianggap sebagai aset digital yang sangat menguntungkan.

Namun dibalik keuntungannya yang menggiurkan, ternyata aset digital ini bisa dijadikan sebagai lahan pencucian uang lho guys.

OJK Ingatkan Kripto Bisa Jadi Ladang Pencucian Uang

Berita ini didapat langsung dari Ketua Dewan Komisioner OJK, yaitu Wimboh Santoso, saat menghadiri acara webinar berjudul Opportunities, Challenges & Impacts of Utilizing New Tech in Strengthening The AML/CFT Regime.

Baca Juga: Didesak Untuk Buat NFT, NASA: Gak Dulu Deh

Dalam acara tersebut, Wimboh mengtakan jika kripto sangat rawan untuik dijadikan tempat untuk pencucian uang.

“Kami tekankan (kripto) rawan dipergunakan media pencucian uang atas tindakan kriminal,” tegas Wimboh.

Kemudian, ia menceritakan jika pernah terjadi sebuah kasus peretasan yang menimpa lembaga keungan di Indonesia. Sang hacker pun meminta tebusan kepada lembaga tersebut berupa kripto.

OJK Kripto
Photo: UX Connections

“Ada kasus salah satu lembaga keuangan di Indonesia yang di-hack sistemnya. Sistem itu dibuka kembali apabila dibayar sejumlah uang, dan pembayarannya minta dibayar kripto. Ini fakta, dan barangkali kejadian ini bukan hanya satu,” jelas Wimboh.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan jika kripto adalah sebuah investasi dengan tingkat resiko sangat tinggi. Hal ini disebabkan kripto masih belum memiliki underlying asset dan harga yang terkesan tidak stabil.

“Sebelum menentukan pilihan-pilihan, masyarakat harus hati-hati dan harus memahami berbagai risikonya. Memang, keputusan masyarakat untuk membeli atau tidak membeli adalah keputusan masyarakat itu sendiri,” tuturnya, dilansir dari Medcom.

BACA JUGA  Tunjukkan Aksi Cepat Petugas Layanan Darurat, Drama The First Responders Rilis Jadwal Tayang!

Baca Juga: Imbas Adanya Pencurian, Aktivitas Jual Beli di OpenSea Menurun Drastis!

So, untuk kamu yang sudah terlanjur terjun ke dunia kripto, kamu harus tetap hati-hati ya guys dalam mempergunakan aset digital ini sebagai ladang investasi.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
/