Inspirasi

Tak Suka Menyela Pembicaraan? Ini 5 Tanda Kamu Seorang Pendengar yang Baik

Beberapa teman mungkin sering mengaku merasa nyaman ketika mengobrol bersamamu. Bahkan, mereka tak segan untuk mencurahkan isi hatinya yang paling dalam di hadapanmu. Sampai-sampai mereka suka memujimu sebagai seorang pendengar yang baik.

Akan tetapi, apakah yang mereka katakan soal dirimu itu sudah tepat? Untuk menjawab keraguanmu, berikut ada lima tanda yang menunjukkan kamu adalah seorang pendengar yang baik. Yuk, cek!

1. Tidak suka menyela pembicaraan

Sebelum lawan bicaramu selesai dengan ucapannya, kamu lebih memilih untuk menunggu dan mendengarkannya dengan saksama. Nah, perilaku inilah yang membuat orang-orang di sekitarmu semakin betah saat berbincang bersamamu.

Mereka akan merasa dihormati karena kamu bersedia untuk menyimak perkataan dengan sepenuh hati. Jadi, jangan heran kalau banyak orang yang ingin curhat kepadamu.

2. Menunjukkan empati

Seorang pendengar yang baik sudah pasti memiliki empati nan tinggi. Itulah alasan kenapa kamu sering ikut merasa sedih saat ada seseorang yang bercerita kepadamu perihal musibah yang baru saja menimpanya.

Empati yang kamu tunjukkan secara tulus ini membuat lawan bicaramu merasa dimengerti. Sehingga, boleh jadi setelah mengobrol denganmu perasaannya akan menjadi lebih baik.

3. Tidak sembarangan memberi saran, kecuali diminta

Sebagai seorang yang punya empati tinggi, kamu mungkin sadar jika beberapa orang lebih suka didengarkan ketimbang diberi saran. Sehingga, kamu memutuskan untuk tidak terburu-buru menyampaikan pendapatmu sendiri, sebelum benar-benar dibutuhkan.

Saat tibanya orang tersebut meminta saran darimu, kamu pastinya akan langsung memberikan saran terbaik.

4. Lebih banyak bertanya ketimbang mengomentari

Selain pandai mendengarkan, pasti kamu juga tipe orang yang pandai dalam menjaga perasaan orang lain. 

Saat ada seseorang yang datang menemuimu untuk bercerita soal masalah hidup yang ia hadapi, kamu lebih memfokuskan diri untuk bertanya pada apa yang sudah dia alami ketimbang sibuk mengomentari tindakannya yang menurutmu salah.

BACA JUGA  Jangan Sepelekan, Berikut 10 Karya Seni Indah dari Kumpulan Lumut

5. Tidak suka menghakimi

Menyudutkan lawan bicara adalah hal yang paling kamu hindari. Kamu tahu betul bahwa setiap orang bisa saja salah dalam bertindak atau mengambil keputusan. Sehingga, kamu mampu mewajarkan hal tersebut. 

Alhasil, jalan tengah yang kamu lakukan adalah mencoba menasehati orang tersebut dengan belas kasih.

Nah, kamu merasa tidak lima tanda di atas ada pada dirimu? Jika iya, bisa jadi kamu memang sosok pendengar yang baik. Tetap tebarkan kebaikan di sekitarmu, ya.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/