Inspirasi

Wajib Checklist 6 Hal Ini dari Pasangan sebelum Menikah

Pernikahan menjadi bagian sakral dalam kehidupan seseorang. Suami dan istri yang dulunya belum mengenal satu sama lain, kelak akan menjadi dua insan yang disatukan dalam ikatan pernikahan dan mengarungi bahtera rumah tangga bersama. Banyak orang yang menentukan kriteria khusus untuk calon pasangan sehidup semati, walau terkadang realita tak bisa dipungkiri bahwa tidak ada manusia yang sempurna.

Oleh karena itu, menyadari bahwa diri sendiri tidak sempurna begitu pula dengan pasangan adalah hal terbaik yang bisa dimaknai dengan keikhlasan dan ketaatan dalam agama. Namun, setiap manusia pasti memiliki prinsip masing-masing yang harus dihargai. Setidaknya, ketahui 6 hal ini dari pasangan sebelum menikah agar mencapai visi misi pernikahan yang sama.

1. Ibadah

Kita semua pasti menginginkan rumah tangga yang bisa menjadi jalan menuju surga bersama. Oleh karena itu, sebelum menentukan menikah dengan calon suami atau istri, pastikan bahwa ia selalu taat ibadah atau mau untuk memperbaiki diri dengan memperbaiki ibadahnya pula. Karena pada dasarnya, ibadah adalah tonggak dari ada yang kita dapatkan hingga hari ini dan bagaimana kita mengucap rasa syukur tersebut kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Pekerjaan

Ketahui lebih dalam tentang pekerjaan pasangan atau aktivitasnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini perlu dilakukan agar nantinya perencanaan keuangan bisa dilakukan sematang mungkin dan tidak menjadi perdebatan di masa depan karena ketidaktahuan tentang pekerjaan pasangan. Tidak hanya itu, pekerjaan juga penting untuk dibicarakan agar kedepannya bisa memilih karir mana yang perlu dipertahankan atau yang tidak perlu dipertahankan.

3. Pergaulan

Pergaulan dengan teman juga perlu diketahui secara mendalam. Kita tahu bahwa pergaulan seseorang sangat berpengaruh dengan perkembangan mindset dan tingkah laku mereka. Oleh karena itu, ada baiknya melakukan check and recheck di pergaulan calon pasangan agar bisa saling terbuka tentang hubungan pertemanan dan kamu tidak perlu khawatir dalam pergaulannya.

BACA JUGA  10 Kreasi Merombak Taman Menjadi Lebih Indah, Bisa Jadi Ruang Baca

4. Hubungan dengan keluarga

Jangan salah, banyak orang yang memiliki permasalahan dalam keluarga dan tidak bisa diselesaikan dengan baik-baik sehingga masalah tersebut terlalu berlarut-larut bahkan sampai anak cucu. Permasalahan inilah yang sering dirasakan oleh pasangan dari seseorang yang memiliki masalah dengan keluarga tapi tidak mengetahui hal tersebut. Akibatnya, terjadi kesenjangan dan perang dingin di antara keluarga. Maka dari itu, ketahui secara dalam hubungan pasangan dan keluarganya agar kamu terhindar dari konflik internal.

5. Komunikasi

Cara berkomunikasi juga jadi faktor lain dalam menentukan pasangan. Jika terjadi suatu masalah, setidaknya pasanganmu paham bagaimana cara berkomunikasi dengan baik dan solusi dari permasalahan tersebut. 

6. Media sosial

Media sosial sudah menjadi bagian penting dari seseorang di masa sekarang. Kamu tidak perlu memegang semua akun media sosial pasanganmu, cukup dengan mengetahui apa aktivitas yang ia lakukan dengan bertanya atau berkomunikasi sehingga pasanganmu tidak merasa terlalu dikekang.

Banyak cara untuk mengetahui seluk beluk pasangan tanpa mengganggu privasinya. Asalkan, kita juga tahu dan menentukan batasan batasan tentang apa yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan oleh pasangan.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/