Inspirasi

Yakin Kamu Telah Dewasa? Cek 4 Tanda Pribadi dengan Kematangan Emosional!

Mengapa kedewasaan itu penting? Orang yang dewasa biasanya akan lebih bijak dalam menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan. Itu sebabnya sosok yang memiliki kematangan emosional biasanya sukses dalam segala bidang, misalnya karier maupun personal.

Bagaimana mengetahui apakah kamu sudah dewasa atau tidak? Hal itu bisa dilakukan dengan mengecek beberapa tanda kematangan emosional berikut ini. Mari simak!

1. Kamu lebih bisa menerima kekecewaan

Hal pertama yang dapat menandakan bila kamu sudah memiliki kematangan emosional, yakni menyadari bahwa dalam hidup ini gak ada yang selalu sesuai keinginan. Banyak pula kondisi yang di luar kendali dan memaksamu untuk ikhlas menerima pil pahit kekecewaan.

Kamu gak memaksakan atau terus-menerus mengeluh. Namun, menganalisa langkah apa yang dapat kamu lakukan untuk bisa move on dari kekecewaan tersebut.

2. Berpikir dahulu sebelum mengambil keputusan

Pembeda yang sangat kentara antara pribadi yang masih kekanak-kanakan dan yang sudah dewasa bisa dilihat dari bagaimana kamu mengambil keputusan. Orang yang punya kematangan emosional gak akan sembarangan memutuskan sesuatu. Pasti akan dipertimbangkan terlebih dahulu baik buruknya.

Sementara orang yang masih kekanak-kanakan biasanya lebih mengedepankan emosi. Tak peduli jika keputusannya nanti membawa penyesalan atau tidak.

3. Diam memberimu kenyamanan

Dulu mungkin kamu pernah merasa ingin selalu bicara supaya menarik perhatian sekitarnya. Kini, semakin usiamu bertambah jadi sadar bahwa hal itu gak ada gunanya.

Justru kamu bisa menemukan kenyamanan lewat keheningan. Kamu berbicara seperlunya saja, dan lebih senang mendengarkan. Dari mendengarkan, jadi banyak perspektif atau wawasan baru yang bisa diambil, dan membuatmu semakin bijak dalam bersikap.

4. Kamu gak menyalahkan keadaan saat mengalami kekecewaan

Kamu gak menyalahkan keadaan ketika apa yang kamu inginkan belum bisa terlaksana. Kamu menghindari victim mentality yang merasa kalau dirimu paling sial dan merasa dunia tak adil terhadapmu.

BACA JUGA  Otomatis Modis, 10 Cara Menyulap Rok jadi Outfit Kece

Orang yang dewasa gak begitu. Kamu sadar bahwa tiap orang punya kendali untuk memutuskan bagaimana bersikap ketika menghadapi berbagai kondisi, termasuk saat apa yang diimpikan belum bisa terwujud. Hanya mengeluh dan menyalahkan sekitar, atau mengambil hikmah dari kekecewaan itu. Semua itu kembali pada pilihanmu.

Itu dia beberapa contoh dari ciri orang yang memiliki kematangan emosional. Apakah kamu termasuk di dalamnya?



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/