Inspirasi

3 Tips Tingkatkan Keberanian Jika Kamu Sering Takut Menjalani Hidup

Sebenarnya rasa takut itu wajar dirasakan oleh banyak orang. Yang tidak wajar adalah apabila rasa takut itu terus membuat terjebak dalam situasi yang tak membuatmu maju. Akhirnya malah kamu terus terdiam di tempat dan tak melakukan perubahan apapun. Kalau sudah begitu, benar-benar harus ditindaklanjuti.

Jangan biarkan rasa takut itu mengontrol jalan hidupmu, tapi kamulah yang harus mengontrol rasa takut itu. Untuk membantumu mengontrol rasa takut dalam menjalani hidup, yuk simak 3 tips ini sampai habis!

1. Mulai Aja Dulu

Seperti halnya lirik lagu Terhebat dari Coboy Junior yang berbunyi, “Tak perlu tunggu hebat untuk berani memulai apa yang kau impikan. Hanya perlu memulai untuk menjadi hebat raih yang kamu impikan.” Bila perlu cobalah untuk memegang prinsip itu untuk menjalani hidup. Sebenarnya yang perlu dilakukan untuk berkembang dan bertumbuh menjadi lebih baik adalah dengan memulainya.

Mulai mempelajari hal-hal yang membuatmu dekat dengan impian, mulai melakukan langkah kecil dalam menggapai mimpi, mulai membentuk karakter yang tahan banting dan pantang menyerah, dan lain-lain. Intinya mulai aja dulu, tak usah menunggu nanti kalau sudah ini itu. Hapus sejenak sikap perfeksionis, bentuklah kualitas dirimu perlahan sejalan dengan prosesmu.

2. Jadilah Bodo Amat atau Berani untuk Tidak disukai

Tip selanjutnya untuk bisa menghadapi ketakutan menjalani hidup yakni, ada dua pilihan jadilah bodo amat dalam beberapa hal atau cobalah untuk berani tidak disukai. Keduanya bisa kamu terapkan atau diterapkan salah satu atau diterapkan sesuai keadaan. Kadang kamu perlu bodo amat dalam beberapa hal yang tak membuat berkembang dan hanya menjatuhkan, seperti omongan negatif orang dan sebagainya.

Di lain sisi, kamu juga perlu menerapkan sikap berani untuk tidak disukai, ya karena memang dunia itu tak hanya diciptakan untukmu, tak semua orang suka dan sepemikiran denganmu. Jadi, kamu harus menerima kenyataan itu dan berani menghadapinya. Bila berani untuk tidak disukai masih berat untuk kamu terapkan, kamu bisa belajar bodo amat dulu.

BACA JUGA  Sederhana, 10 Kucing Ini Lebih Suka Tidur di Kardus Daripada Tempat Tidurnya

3. Kembangkan Diri Sembari Berjalan

Kualitas seseorang dapat dibentuk sejalan dengan prosesmu mencapai tujuan. Terus kembangkan dirimu sembari jalanin apa aja yang membuatmu dekat dengan impian. Secara otomatis kualitas dirimu akan terbentuk. Kamu juga akan belajar banyak hal, mulai dari menyelesaikan masalah, menghadapi rasa takut itu, dan lain-lain.

Semangat, ya! Rasa takut itu ada untuk dirasakan dan juga dihadapkan. Jadi, wajar kalau kamu merasa takut, tapi kamu juga harus sadar kalau kamu perlu melawannya. Semoga bermanfaat!



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/