Inspirasi

Ajukan 4 Pertanyaan Ini untuk Dirimu Sendiri saat Menghadapi Keputusan yang Sulit

Di saat kamu sudah dihadapkan dengan suatu keputusan yang sulit dalam hidup, kemungkinan akan ada rasa terpuruk dan bingung menentukan jalan mana yang terbaik. Ketika dilema dengan situasi tersebut, terkadang kita suka mempertanyakan alasan kepentingan diri sendiri dan ada rasa takut jika keputusan yang diambil bukan langkah yang tepat.

Sebenarnya, ada beberapa pertanyaan untuk dirimu sendiri ketika sedang menghadapi kesulitan dalam mengambil keputusan. Oleh karena itu, berikut empat pertanyaan terbaik untuk bisa membantumu memperoleh solusinya.

1. ‘Kalau aku saat ini tidak melakukannya sekarang, apakah nanti aku akan menyesalinya?’

Sangat masuk akal memang kita perlu memperhatikan dampak untuk jangka panjang disetiap keputusan yang mau kita ambil. Bagaimanapun juga, kamu pastinya tidak mau salah mengambil keputusan yang akan menjadi penyesalan dikemudian hari.

Oleh karena itu, jangan sampai peluang penting lewat begitu saja karena salah mengambil keputusan besar. Tanyakanlah pada dirimu sendiri, hal apa saja yang bisa kamu peroleh atau hilang untuk jangka panjang berdasarkan setiap pilihan yang mau kamu putuskan.

2. ‘Apa yang sebenarnya aku takutkan?’

Kebanyakan orang justru terjebak dengan keputusan lantaran merasa takut yang nantinya terjadi atas keputusan yang mereka pilih. Mungkin sebagian orang karena takut gagal, namun sebagiannya lagi takut akan kesuksesan.

Oleh karena itu, kamu perlu menanyakan pada diri sendiri hal apa yang sebenarnya ditakutkan tentang keputusan yang mau diambil. Sehingga, bisa membantumu memperoleh keputusan yang tepat.

3. ‘Untuk apa sebenarnya aku melakukan hal ini?’

Keputusan yang bijaksana bisa diperoleh kalau bisa mengingat tujuan akhir yang ingin kamu capai. Kalau keputusan yang sedang kamu hadapi ternyata beriringan dengan tujuan akhirmu, maka kamu perlu mempertimbangkannya dengan baik.

BACA JUGA  5 Cara Mencintai Diri Sendiri, Selain Memberi Self Reward yang Berujung Boros

Namun kalau apa yang sedang kamu hadapi justru menghambat menuju tujuan akhirmu, maka kamu perlu menyingkirkannya. Oleh karena itu, pikirkanlah terlebih dahulu sebelum mau mengambil keputusan.

4. ‘Untuk siapa akun melakukan hal ini?’

Jangan sampai kamu justru terpengaruhi oleh nasihat orang lain yang menjauhkanmu untuk membuat keputusan yang tepat. Memang penting mempertimbangkan saran dari orang disaat ingin mengambil keputusan.

Namun, jangan sampai kamu justru mengorbankan seluruh apa yang kamu miliki hanya memenuhi keinginan orang lain. Oleh karena itu, perhatikan antara keseimbangan manfaat untuk dirimu sendiri dan juga orang lain.

Itulah empat pertanyaan yang bisa kamu ajukan pada dirimu sendiri saat menghadapi keputusan sulit. Kalau sudah bisa menjawab empat pertanyaan di atas, tentu dapat membantumu menemukan pilihan yang tepat. Oleh karena itu, pikirkan dengan baik-baik sebelum mengambil keputusan agar bisa bersikap bijaksana.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/