Inspirasi

4 Cara Mencegah Anak Kecanduan Gadget

Saat ini dapat kita saksikan bagaimana anak-anak zaman sekarang kecanduan terhadap gadget. Gadget itu digunakan untuk bermain game atau permainan, bermain Facebook, Instagram, Twitter dan WhatsApp. Kita mengetahui dan melihat bagaimana anak-anak sudah memiliki handphone sendiri dan dipergunakan untuk main game dan menggunakan berbagai platform media sosial. Tentu hal tersebut sangat berbahaya untuk anak bila kecanduan dengan gadgetnya.

Oleh sebab itu, saya memiliki beberapa cara agar anak-anak tidak kecanduan dengan gadget dan juga bisa mempergunakan waktu untuk hal-hal yang bermanfaat. Berikut 4 cara untuk mencegah anak kecanduan gadget:

1. Memberikan buku gambar

Anak-anak harus diajari untuk tidak candu dengan gadget. Karena itu, anak-anak harus diberikan buku gambar sebagai alat untuk mengisi waktu setiap hari di rumah agar tidak sibuk dengan gadgetnya. Buku bergambar itu sangatlah menarik bagi anak sehingga si anak berniat untuk mewarnai buku gambarnya. Anak akan merasa begitu bahagia dengan kesibukannya mewarnai gambar-gambar tersebut.

2. Diskusi dengan anak

Orangtua wajib untuk mengajak anak untuk berkomunikasi setiap hari atau berdiskusi dengan anak tentang kegiatannya saat di sekolah. Anak harus dilatih untuk bercerita kepada orangtuanya agar hubungan anak dengan orangtua semakin baik. Bukan itu saja, wajib diingat pula dengan kesibukan anak bercerita dengan orangtuanya akan membuat anak lupa menggunakan gadget untuk bermain game dan membuka-buka platform Facebook, Instagram dan lainnya.

3. Mengajak anak ke luar rumah

Dalam hal ini, orangtua wajib untuk mengajak anak ke luar rumah seperti ke taman bermain di sekitaran komplek rumah, ke kolam berenang dan ke taman bermain. Cara itu ampuh untuk menghindari anak kecanduan dengan gadget. Kedekatan orangtua dengan anak bisa memberikan dampak positif pada anak untuk membentuk sikap dan karakternya ketika dewasa nanti dan itu akan diterapkan ketika telah berkeluarga.

BACA JUGA  8 Jenis Aglaonema, Tanaman Hias Cantik dan juga Romantis

4. Menjadwalkan waktu belajar

Anak-anak wajib dijadwalkan waktu untuk belajar setiap hari. Orangtua harus tegas dalam hal ini kepada anak dan wajib belajar setiap hari. Jika waktunya belajar maka anak harus belajar dan tidak boleh untuk menggunakan gadgetnya untuk bermain. Ketegasan harus dijunjung tinggi kepada anak agar anak tidak sesuka hatinya dalam bertindak. Setiap orangtua harus mementingkan kepentingan terbaik untuk anak agar anak semakin baik, cerdas dan berkarakter.

Keempat hal tersebut harus segera diterapkan oleh setiap orangtua demi menciptakan anak yang hebat, cerdas dan punya masa depan. Kecanduan gadget wajib dilawan dengan hal tersebut. Sekian dan terima kasih!.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/