Inspirasi

4 Ciri-ciri Tempat Kerja yang Baik, Bagaimana dengan Tempat Kerjamu?

Setiap orang tentu menginginkan tempat kerja baik. Tempat kerja yang baik adalah yang dapat membuat pekerjanya merasa nyaman. Selain itu, tempat kerja yang baik seharusnya juga dapat membuat para pekerjanya terus belajar dan mengembangkan kemampuan dirinya.

Namun, tidak semua tempat kerja adalah tempat kerja yang baik. Banyak pula tempat kerja yang justru membuat para pekerjanya merasa tertekan dan tidak dapat mengembangkan diri. Oleh sebab itu, kita harus pintar-pintar dalam memilih pekerjaan. Jika salah pilih, kita bisa menyesal di kemudian hari.

Berikut ini adalah 4 ciri-ciri tempat kerja yang baik.

1. Karyawan Bertahan dalam Waktu Lama

Jika kamu ingin melamar pekerjaan di suatu tempat dan kebetulan kamu mengenal salah satu karyawannya, coba tanyakan apakah kebanyakan karyawan di tempat kerja tersebut dapat bertahan lama atau justru resign dalam waktu singkat. Lama atau singkatnya karyawan bertahan di tempat kerja dapat menjadi indikator baik tidaknya tempat kerja tersebut. 

Apabila kebanyakan karyawan dapat bertahan dalam waktu yang lama, berarti tempat kerja tersebut menjadi tempat yang nyaman dan membuat karyawannya betah. Namun jika banyak karyawan yang resign dalam waktu singkat, bisa jadi ada masalah pada tempat kerja tersebut, entah gaji terlalu kecil, beban kerja terlalu berat, atasan kurang baik, dan lain sebagainya.

2. Kesejahteraan Karyawan Terjamin

Setiap orang tentu bekerja dengan tujuan untuk mendapat penghasilan untuk kesejahteraan dirinya dan keluarganya. Dengan gaji yang ia dapatkan dari bekerja tersebut, ia dapat memenuhi kebutuhan keluarganya. 

Namun, masih tetap ada perusahaan atau tempat kerja yang memberikan upah kurang layak untuk pegawainya. Tempat kerja atau perusahaan tersebut kurang direkomendasikan, kecuali jika kita memiliki penghasilan lain untuk menutupi kekurangan tersebut.

BACA JUGA  Modern, 10 Potret Tokoh Bersejarah Digambar Jadi Orang Zaman Sekarang

3. Hubungan antar Karyawan Baik

Salah satu aspek kenyamanan yang membuat pekerja betah di suatu perusahaan adalah hubungan antar pekerja yang baik. Rasa pertemanan bahkan kekeluargaan yang terjalin membuat pekerja merasa tidak terlalu tertekan dalam bekerja, bahkan dapat merasa seperti di rumah sendiri.

Sebaliknya, jika hubungan yang terjalin antara orang-orang di tempat kerja kurang baik maka suasana saat bekerja menjadi tidak nyaman. Lama-kelamaan para pekerja ingin resign dan mencari tempat kerja yang lebih nyaman.

4. Pembagian Kerja Jelas

Setiap jabatan atau posisi memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Tempat kerja yang baik adalah yang melakukan pembagian tersebut dengan jelas. Sebagai pekerja, kita akan lebih mudah bekerja jika tugas kita jelas.

Namun jika pembagiannya kurang jelas, para pekerja dapat kebingungan. Akan ada pekerja yang saling lempar tanggung jawab. Bahkan mungkin ada pekerja yang berebut pekerjaan.

Itulah 4 ciri-ciri tempat kerja yang baik. Semoga kita mendapat tempat kerja yang kita idamkan, ya!



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/