Inspirasi

4 Tips Efektif Membangun Networking saat Work From Home

Selama pandemi COVID-19merebak, banyak kegiatan di luar rumah yang terpaksa harus dilakukan dengan cara remote. Hal ini dimaksudkan agar bisa memutus penyebaran virus Covid-19. Alhasil, banyak perusahan melaksanakan operasional kerja dari rumah atau work from home demi keselamatan para karyawan.

Kebijakan tersebut tentu akan mengurangi kesempatan membangun networking yang sangat signifikan. Walaupun begitu, kamu tetap bisa menjalin relasi meski bekerja dari rumah. Maka dari itu, simak beberapa tips berikut ini, ya!

1. Ikut partisipasi dalam acara nerworking virtual

Walau ada keterbatasan dalam interaksi tatap muka selama pandemi, masyarakat tetap antusias membuat berbagai acara secara virtual. Meskipun dilakukan secara online, tapi tetap bisa dimanfaatkan untuk ajang berinteraksi satu sama lain.

Maka dari itu, pilihlah acara-acara yang sesuai dengan passion kamu biar tetap bisa networking selama WFH. Contohnya saja mengikuti seminar atau boothcamp sesuai topik yang kamu sukai.

2. Gabung grup profesional di slack

Slack adalah aplikasi yang digunakan sebagai alat komunikasi di tempat kerja. Dengan menggunakan aplikasi ini, ada berbagai fitur yang memudahkan dalam pengerjaan proyek dengan rekan kerjamu.

Namun, manfaatnya tidak sampai di situ saja. Slack dapat digunakan untuk membangun networking dengan bidang profesi yang sama sepertimu. Pasalnya, sekarang sudah banyak grup tempat saling sharing para profesional yang bisa kamu akses secara gratis. Maka dari itu, ini bisa dijadikan kesempatan untukmu membangun relasi. 

3. Bergabung dengan komunitas

Kalau kamu mempunya hobi, sudah saatnya untuk ikut serta dalam sebuah komunitas. Tujuannya bukan hanya menyalurkan hobi saja, tapi bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat sepertimu.

Jika sudah kumpul bareng dengan komunitas yang memiliki minat serupa, pastikan akan lebih menyenangkan, lho. Sebab, nantinya bisa saling bertukar pikiran tentang hobi yang digeluti.

BACA JUGA  10 Macam Bunga Mawar, Dari Warna Kuning hingga Merah Putih

4. Bangun komunikasi yang baik dengan rekan kerja

Kamu pun tetap harus menjaga kerhamonisan dengan rekan kerjamu. Tujuannya agar bisa meningkatkan produktivitas tim untuk memperoleh target yang ingin dicapai.

Maka dari itu, sempatkan mengoptimalkan komunikasi dengan rekan kerja. Tidak melulu harus membahas tentang pekerjaan, cobalah membuka topik obrolan yang santai biar ada bonding diantara kalian.

Meskipun bekerja secara remote, bukan berarti menjadi hambatan untuk memperluas networking. Dari penjelasan di atas, ternyata ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjalin relasi dan memanfaatkan setiap kesempatan tersebut dengan baik, ya!



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/