Inspirasi

Persiapan Beasiswa Tidak Cukup 1 Bulan Saja, Ini 6 Alasannya

Mendapat beasiswa untuk melanjutkan studi di adalah impian semua orang. Terlebih jika bisa mendapat beasiswa untuk menuntut ilmu di luar negeri. Itulah kenapa banyak sekali orang-orang yang menjadi pejuang beasiswa.

Setiap tahunnya, ribuan orang mendaftarkan diri mereka ke berbagai beasiswa, baik dalam negeri maupun luar negeri. Untuk menjadi awardee beasiswa, kamu perlu persiapan yang matang agar kamu lolos. Karena persiapan satu bulan saja, itu belum cukup.

Berikut adalah alasan mengapa persiapan beasiswa tidak cukup satu bulan saja.

1. Memerlukan Biaya Yang Tidak Sedikit

Jika kamu sedang merencanakan untuk mendaftar beasiswa, maka menabunglah mulai dari sekarang. Karena persiapan butuh pengeluaran yang agak banyak. Uang yang kamu kumpulkan bisa kamu gunakan untuk mengikuti kursus bahasa asing jika kamu ingin studi di luar negeri, untuk mendaftar tes kemampuan bahasa seperti TOEFL atau IELTS, biaya menerjemahkan dokumen, dan sebagainya. 

2. Penuhnya Antrean Untuk Tes Kemampuan Bahasa

Salah satu berkas penting dalam mendaftar beasiswa adalah sertifikat kemampuan berbahasa asing seperti TOEFL atau IELTS. Pastikan kamu mendaftar untuk tes TOEFL atau IELTS tidak mendekati deadline beasiswa. Untuk menghindari antrean peserta yang membludak, mengingat kuota untuk tes di tiap lembaga tidak banyak dan sertifikatnya tidak bisa langsung kamu dapat di hari yang sama karena butuh proses berhari-hari.

3. Persiapan Dokumen Yang Cukup Lama

Ketika ingin mendaftar beasiswa, pastikan kamu cermat dalam membaca persyaratan dokumen yang harus diserahkan. Sembari menabung, kamu bisa cicil persiapan dokumen untuk mendaftar beasiswa, mulai dari membuat CV beasiswa, essay beasiswa, dan sebagainya. Jika memerlukan surat rekomendasi segeralah kamu siapkan.

4. Meyiapkan Essay Beasiswa Yang Terbaik

BACA JUGA  Kisah Nabi Isa, Mendapat Banyak Mukjizat Selama Hidupnya

Essay beasiswa seperti motivation letter, personal statement dan rencana studi merupakan bagian yang penting. Kamu harus persiapkan dengan matang agar kamu bisa lolos beasiswa. Dalam membuat essay beasiswa, kamu tidak bisa membuatnya dengan sistem kebut semalam. Kamu perlu berkali-kali membaca ulang apa yang sudah kamu tulis dan tentu ini membutuhkan waktu. 

5. Menerjemahkan Dokumen

Jika kamu berencana untuk melanjutkan studi di luar negeri, maka persiapkanlah segala dokumen yang harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Sebelum mendaftar beasiswa, usahakan kamu persiapkan segala dokumen yang perlu diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah. Hindari menerjemahkan dokumen satu bulan sebelum deadline beasiswa, karena proses terjemah perlu waktu yang cukup lama terlebih jika ada banyak orang yang menggunakan jasa terjemah tersumpah.

6. Perlu Melakukan Simulasi Wawancara

Persiapkanlah diri kamu ketika mendaftar beasiswa. Mengingat dalam alur pendaftaran beasiswa, ada proses seleksi wawancara. Sebelum mengikuti seleksi wawancara, alangkah baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu terkait apa saja yang sekiranya menjadi pertanyaan ketika wawancara berlangsung. Kamu bisa bertanya kepada alumni-alumni beasiswa sebelumnya, atau menonton video tips wawancara beasiswa di berbagai kanal YouTube kemudian kamu bisa praktikkan dirumah.

Itulah enam alasan mengapa persiapan beasiswa tidak cukup satu bulan. Semoga bermanfaat ya!



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/