Inspirasi

4 Tips Mengatur Rencana Keuangan yang Baik, Segera Terapkan!

Tidak hanya hal lain yang perlu perencanaan, keuangan juga harus bisa kita buat perencanaannya agar kita tahu arus masuk dan keluar dari uang yang kita miliki. Perencanaan keuangan yang matang dapat membuat kita tahu seberapa banyak uang yang kita hasilkan dan kita habiskan dalam jangka waktu tertentu.

Dengan membuat perencanaan keuangan, kita bisa memperkirakan biaya hidup, keperluan mendesak, tabungan, dana darurat, dan lain sebagainya. Untuk kamu yang merasa keuangan kamu belum cukup baik, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatur perencanaan keuangan agar kodisi keuangan kamu terkontrol dan terjaga.

1. Buat target keuangan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan jika ingin membuat perencanaan keuangan adalah menentukan target menurut versimu sendiri. Kamu harus bisa menentukan kondisi keuangan seperti apa yang ideal bagi dirimu. 

Dengan membuat target keuangan, kamu bisa memperkirakan berapa uang yang harus kamu hasilkan dan kamu sisihkan untuk memenuhi target yang telah kamu tentukan tersebut. Target keuangan akan menjadi patokan kamu dalam mengelola pendapatan dan pengeluaran.

2. Catat setiap transaksi

Mencatat setiap transaksi yang kamu lakukan mungkin terkesan ribet, tetapi hal ini penting kamu lakukan agar kamu tahu seberapa banyak selisih pendapatan dan pengeluaran kamu dalam jangka waktu tertentu. Lagipula, sekarang ini ada banyak sekali aplikasi yang bisa kamu download di ponsel kamu yang siap membantu kamu mengatur keuangan.

Dengan mencatat setiap transaksi yang kamu lakukan, kamu akan mudah memonitor dan mengatur langkah berikutnya agar selalu sesuai dengan rencana keuangan atau target keuangan yang sudah kamu tentukan di awal.

3. Buat rencana dasar

Jika kamu sudah mengetahui target keuangan yang ingin diraih sesuai dengan tipe ideal versimu, serta kamu sudah mengetahui arus pemasukan dan pengeluaran, sekarang adalah saatnya untuk melakukan langkah berikutnya yaitu menentukan bagaimana cara kamu untuk meraih target tersebut.

BACA JUGA  10 Jenis Topi yang Bikin Penampilan Selalu Kece, Bentuknya Beragam -

Misalnya, jika target keuangan versi kamu adalah memiliki penghasilan sampingan, kamu bisa mulai belajar dan mencari tahu tentang investasi, reksadana, dan lain sebagainya. Jangan terburu-buru, pelajari dan pahami sistemnya. Ketika kamu merasa cocok dan sejalan dengan target kamu, kamu bisa mulai berinvestasi.

4. Mulai dari langkah kecil

Setelah beberapa tips di atas, rasanya sangat sulit untuk dicapai. Namun, setiap kesuksesan selalu dimulai dari langkah kecil. Kelihatannya memang susah, tetapi jika kamu konsisten dan berani memulai satu langkah kecil, tidak ada yang tidak mungkin selama kamu terus berusaha.

Terkadang, kita menetapkan target keuangan yang ekstrim. Memang hal tersebut tidak dilarang, tetapi jangan sampai kita terpaku hanya pada hasil. Kita harus bisa menikmati pula prosesnya. Jangan menghalalkan segala cara hanya untuk mewujudkan target keuangan.

Itulah empat tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatur rencana keuangan agar kondisi keuangan kamu bisa terjaga dan termonitor dengan baik. Terus semangat melakukan hal yang kita inginkan, serta jangan lupa berbagi.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/