Inspirasi

4 Tips Sederhana agar Kamu Punya Semangat Membaca

Kalau bisa konsisten melakukan kegiatan membaca, tentunya akan memperoleh banyak manfaat. Bukan hanya menambah wawasan, namun ada rasa senang tersendiri, lho.  Dengan banyaknya manfaat dari membaca buku, justru hanya sedikit orang saja melakukannya dengan serius. Mungkin karena keterbatasan waktu, tidak ada bahan bacaan, hingga kebingungan mencari buku yang menarik. 

Sebenarnya kalau mau menyusun jadwal dan mengusahakannya, maka tetap bisa membaca dengan waktu yang fleksibel, lho. Maka dari itu, berikut ini beberapa tips sederhana biar meningkatkan semangat membaca.

1. Menyusun judul buku yang ingin dibaca

Cobalah untuk membuat rencana dan target seputar buku apa saja yang mau kamu baca selama satu bulan. Usahakan jangan hanya terfokus pada satu jenis bacaan saja, tapi sebaiknya buat beragam bahan bacaan biar semakin bervariasi.

Tujuannya agar kamu tidak cepat bosan, dan setidaknya ada satu buku yang sudah berhasil diselesaikan dalam kurun waktu satu bulan. Meskipun kamu memiliki kesibukan, cobalah untuk menyempatkan diri biar tetap konsisten membaca buku.

2. Gabung dengan komunitas kepenulisan

Terkadang kalau hanya membaca buku sendirian akan terasa membosankan dan tidak ada gairah. Maka dari itu biar kamu makin semangat membaca buku, cobalah untuk bergabung ke komunitas kepenulisan.

Di sanalah nanti kamu bisa saling belajar dan berbagi mengenai beragam rekomendasi buku untuk bisa kamu baca. Bukan hanya itu saja, pastinya kamu memperoleh relasi baru yang memiliki minat yang sama sepertimu.

3. Mulailah membaca dari buku yang membuatmu tertarik

Jika kamu baru-baru ini ingin membangun kebiasaan membaca, maka cobalah memulai dari buku yang menurutmu menarik. Sebab, itu sebagai langkah awal yang baik untuk ke depannya.

BACA JUGA  10 Beda Gaya Retro dan Vintage yang Sama-sama Old Style

Biasanya, ketika kita membaca buku yang menarik akan merasakan kesan yang sulit untuk dilupakan. Sehingga, merasa ingin membaca buku baru lainnya.

4. Membuat tantang membaca buku bagi diri sendiri

Dengan membuat tantangan, maka akan menyulutkan semangat diri seseorang. Jadi, buatlah tantangan yang menyenangkan biar kamu tetap mau membaca buku tanpa merasa terbebani.

Maka dari itu, buatlah target buku apa saja yang mau diselesaikan dalam kurun waktu satu bulan. Jika target sudah tercapai, maka bisa membuat self reward biar tetap terus termotivasi meningkatkan minat membacamu.

Walaupun menumbuh minat membaca bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, namun tetap perlu diusahakan. Bagaimanapun juga, tidak ada salahnya untuk memulai kebiasaan positif dimulai dari sekarang.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/