Inspirasi

5 Batasan yang Harus Kamu Ketahui dalam Pertemanan

Dalam berteman, kita juga harus mempunyai etika yang sesuai supaya pertemanan kita terjalin dengan baik. Ada beberapa batasan yang harus kamu ketahui. Dalam berteman kita juga tidak boleh semena-mena dan seenaknya sendiri. Bahkan, dalam teman terdekat sekalipun. Pada artikel ini, akan dituliskan beberapa batasan dalam pertemanan yang semestinya kamu ketahui. 

1. Waktu

Jika kamu suatu saat mengajak temanmu untuk meluangkan waktunya agar bisa pergi atau berkumpul denganmu, mungkin temanmu ada yang setuju dan ada yang menolaknya. Jika temanmu tidak bisa mengiyakan ajakanmu, tolong jangan berikan kata-kata menohok kepadanya. Hargailah waktu yang ia miliki. Ia juga mempunyai kesibukannya sendiri dan mungkin saja saat itu ia memang sedang tidak bisa menyetujui permintaanmu.

2. Keputusan

Biarkan temanmu untuk memilih keputusan yang ia ambil. Kamu boleh saja memberinya saran . Namun, kamu harus mengetahui bahwa hakmu bukanlah memaksa dan mempengaruhi keputusan yang ia buat. Hakmu hanya sebatas memberinya saran nasihat. Biarkan ia bertanggungjawab atas keputusan yang ia pilih.

3. Hal personal

Kamu jangan terlalu memaksakan temanmu untuk menceritakan kehidupan pribadinya. Kamu juga tidak boleh menyinggung apapun yang berkaitan dengan hal pribadi. Beberapa temanmu mungkin merasa tidak nyaman jika hal-hal pribadinya harus diceritakan oleh orang lain.. Jika temanmu tidak mau bercerita tentang hal pribadinya, jangan paksa ia untuk melakukannya. Hargai privasi yang ia miliki.

4. Prinsip hidup

Setiap orang tentunya memiliki pandangan yang berbeda-beda. Nah, ketika temanmu memiliki prinsip hidup yang berbeda darimu, kamu tidak perlu menganggap hal itu sebagai masalah. Ia memiliki hak untuk menganut agama dan budaya yang ia anut. Hal yang harus kamu lakukan adalah menghargainya dan bersikap toleransi. Kamu tidak boleh jadikan hal itu sebagai bahan candaan.  

BACA JUGA  Mercusuar Anyer, Wisata di Titik Nol Jalan Raya Daendels yang Bersejarah

Ketika kita merasa tidak dihargai oleh teman kita sendiri, tentunya itu membuat kita merasa tidak nyaman. Maka dari itu, hargai temanmu dan ketahui batasan-batasannya. Kamu tidak boleh menang sendiri dan temanmu harus menuruti segala hal yang kamu inginkan. Jangan egois dan. hargai setiap keputusan dari temanmu.

Empat hal di atas semoga dapat membantu untuk menambah wawasanmu. Semoga bisa merubah hidupmu menjadi lebih baik untuk ke depannya.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/