Aneka Ragam

5 Cara Sederhana Ini Akan Membantumu Menikmati Hidup, Berpikirlah Logis dan Realistis!

Menjalani hidup memang kadang bikin bingung sendiri. Ada kalanya kita harus berhenti dan menerima apa yang kita miliki. Ada saatnya pula kita harus berani mengejar apa yang kita inginkan. Saat sedang sedih, ingin cepat merasa bahagia lagi, tapi bingung bagaimana bisa bahagia dan bisa menikmati hidup. Kesibukan mencari uang dan materi pun sering membuat badan lelah dan kebahagiaan tak kunjung dirasakan. 

Sebab rasa serakah, kita terus merasa kurang. Siang dan malam digunakan untuk bekerja demi mendapatkan uang dengan harapan bisa kita nikmati nantinya dan menghasilkan kebahagiaan. Namun tak disadari, hal ini justru merupakan lingkaran setan yang tak ada habisnya jika terus dituruti.

Sejatinya, menikmati hidup tak harus serumit itu. Tidak semuanya harus dan hanya bisa didapatkan dengan kekayaan. Berikut lima cara sederhana agar kamu bisa menikmati hidup.

1. Bersyukur pada Hal-hal Kecil

Harta berlimpah yang kita miliki pun tidak ada artinya jika kita tidak mensyukurinya. Sebaliknya, walaupun dengan harta yang sedikit, jika kita mampu menikmati dan mensyukurinya, maka kebahagiaan dan ketenangan hidup akan kita rasakan.

Selalu ingat bahwa nikmat hidup tidak hanya soal materi saja, tapi tubuh yang sehat, keluarga yang lengkap, seorang teman yang baik juga merupakan rezeki dalam hidup

2. Merelakan dan Melupakan Masa Lalu yang Pahit

Hal yang membuat kita tidak bahagia biasanya ada pada beban pikiran yang terus terperangkap pada luka di masa lalu. Hati yang penuh penyesalan, kekecewaan, bahkan dendam masa lalu hanyalah akan menjadi bumerang dan menyakiti diri sendiri.

Alangkah baiknya jika kita bisa merelakan dan berdamai dengan perasaan sakit hati dan luka lama di masa lalu. Apa pun kenangan yang ada di masa lalu, cobalah untuk merelakannya dan memaafkan semuanya. Waktu akan menyembuhkan dan membuatmu lupa akan rasa sakit itu secara perlahan.

BACA JUGA  Espanyol vs Barcelona, Blaugrana Harus Menang jika Mau Aman

3. Fokus dan Menikmati Waktu yang Kita Miliki

Hiduplah dan nikmati waktumu saat ini di hari ini, daripada hidup di masa lalu atau terlalu memikirkan dan mengkhawatirkan masa depan yang menjadikan hidupmu tidak bahagia.

Rasakan dan nikmati harimu secara penuh. Fokus pada momen yang kamu jalani saat ini. Tidak perlu berlebihan memikirkan masa lalu dan masa depan.

4. Berpikir Logis dan Realistis

Jangan mudah terbawa perasaan atau mudah berekspektasi pada orang lain, itu hanya akan menimbulkan kekecewaan. Hindarkan perasaan pesimis dan tidak percaya diri pada dirimu. Terus pupuk pikiranmu dengan hal-hal positif yang logis dalam diri.

5. Memilih Lingkungan yang Positif

Jika lingkungan kita memiliki hawa yang positif tentu tidak akan sulit bagi kita untuk menikmati hidup dan merasa bahagia. Berada di sekitar orang-orang yang tidak menghakimi secara sepihak dan selalu memberi dukungan kepada kita tentu akan terasa lebih positif dan nyaman. Hindari hubungan yang tidak sehat dan bergaulah dengan orang-orang yang mendukungmu dan dapat memberikan masukan yang membangun.

Itulah lima cara sederhana untuk membantumu menikmati hidup. Kehidupan ini memang tidak mudah, tapi hidup yang berat ini bukan berarti tidak bisa kita nikmati. Jangan mempersulit hidup dengan alasan mencari kebahagiaan. Kebahagiaan sebenarnya adalah hal yang bisa kita ciptakan sendiri untuk bahan bakar kita menjalani hidup.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/