Inspirasi

5 Ciri Teman Kamu Dapat Dipercaya, Jaga Baik-baik!

Salah satu kualitas penting dari pertemanan, yakni dapat dipercaya. Buat apa berteman dengan seseorang yang tidak bisa memegang rahasia. Padahal, kepada temanlah biasanya kamu bebas bercerita tentang apa pun.

Kamu sangatlah beruntung apabila telah memiliki teman dengan ciri-ciri berikut. Karena hal tersebut menandakan bila dia sosok yang dapat dipercaya. Seperti apa cirinya? Mari kita simak!

1. Konsisten antara perkataan dan perbuatan

Ciri pertama dari orang yang bisa dipercaya, yakni konsisten antara perkataan dan perbuatan. Misalnya, ia berjanji akan datang jam 8 pagi, maka pasti dilakukan. Apabila dia sering banget melanggar janji, hal tersebut bisa mencirikan kalau integritasnya dipertanyakan.

2. Memiliki empati tinggi

Orang yang punya empati tinggi pasti berusaha untuk selalu menjaga perasaan orang lain. Itu sebabnya kamu patut mempertahankan teman dengan kualitas ini.

Bila dengan orang lain saja yang tidak begitu dekat bisa berempati, apalagi dengan sahabat sendiri. Pasti dia tidak akan mau untuk menyakitimu.

3. Selalu jujur

Kualitas ini sangatlah penting untuk menilai apakah temanmu bisa dipercaya atau tidak. Kalau dia sering berbohong, maka sudah pasti jangan menjadikannya sahabat dekat. Bahaya bila ternyata apa yang kamu curhatkan ke dia jadi tersebar ke mana-mana.

Bila temanmu selama ini selalu memperlihatkan kejujuran. Bahkan tak jarang akibat jujur jadi merugikan dirinya sendiri, itu pertanda integritasnya jempolan.

4. Tulus melihatmu bahagia

Kamu patut waspada dengan teman yang tampak iri dan tidak tulus ketika kamu berhasil meraih impian atau mendapatkan sesuatu yang bikin kamu bahagia. Hal itu bisa mencirikan kalau temanmu itu bermuka dua. Menyandang status teman, tapi sebenarnya musuh dalam selimut.

Teman yang bisa dipercaya tidak akan iri ketika melihatmu senang. Malah bisa jadi dia jauh lebih bahagia dan bangga ketika kamu berhasil mencapai sesuatu atau mendapatkan hal baik.

BACA JUGA  Tampil Beda, 10 Dekorasi Rumah yang Terbuat dari Keramik

5. Menghormatimu

Beruntunglah jika kamu memiliki teman yang mampu menghormatimu. Termasuk menghormati keputusan yang kamu ambil terkait kehidupanmu. Bukan malah mengkritik habis-habisan seolah-olah kamu anak kecil yang belum bisa menentukan keputusan sendiri.

Bila sudah menemukan teman dengan ciri-ciri tadi, maka jaga dia baik-baik. Dia merupakan sosok teman yang dapat dipercaya!



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/