Aneka Ragam

5 Rekomendasi Musisi Indie Indonesia yang Lagunya Wajib Kamu Dengarkan, Ada Hindia dan Mocca

Saat ini, sudah memasuki zaman digital dimana semua orang dimudahkan untuk memperoleh dan membagikan banyak hal dengan bantuan internet. Hal ini membuka banyak potensi dan peluang bagi setiap orang untuk berkarya dan mempopulerkan karya yang mereka hasilkan. Salah satu bidang yang sangat terbantu oleh perkembangan dunia digital adalah dunia seni, tidak terkecuali seni musik.

Saat internet belum berkembang dan dapat diakses oleh semua orang seperti sekarang ini, membutuhkan modal yang besar bagi para musisi untuk memproduksi sebuah lagu. Oleh sebab itu, kebanyakan musisi yang berhasil dan dikenal oleh banyak orang adalah musisi-musisi yang yang diorbitkan dan dinaungi oleh label musik besar atau label musik mayor.

Namun tidak dengan saat ini, kemudahan teknologi dan internet membuat sebuah lagu dapat diproduksi dengan biaya yang lebih murah. Hal ini menyebabkan banyak bermunculan musisi-musisi independen atau biasa dikenal dengan sebutan musisi indie yang lahir dari label-label kecil, bahkan ada yang memproduksi musiknya sendiri dengan alat seadanya.

Meskipun independen, musisi-musisi ini menghasilkan karya yang bagus dan dapat bersaing dengan musisi dari label mayor. Nah, berikut ini lima rekomendasi musisi indie asal Indonesia yang wajib kamu dengarkan.

1. Hindia

Pemuda bernama asli Baskara Putra yang juga menjadi vokalis dari grup band Feast ini menjadi penyanyi solo dengan nama panggung Hindia. Mengikuti kesuksesan Feast, lagu-lagu Hindia juga sukses disukai oleh banyak orang, terutama anak-anak muda.

Salah satu lagu yang paling populer dari Hindia adalah “Secukupnya”. Lagu tersebut bercerita bahwa dalam menjalani hidup jangan memikirkan masalah dan omongan orang lain dengan terlalu serius, secukupnya saja.

2. Iksan Skuter

BACA JUGA  Tak Banyak yang Tahu, Ini 4 Manfaat Teh Chamomile bagi Kesehatan Tubuh

Konon, Skuter memiliki arti “sedikit kurang terkenal.” Memang dulu Iksan Skuter hanya dikenal oleh orang-orang tertentu saja. Namun kini, sudah semakin terkenal dan penggemarnya juga sudah semakin banyak.

Banyak yang menyebutnya sebagai penerus Iwan Fals. Hal ini tidak terlepas dari karya-karyanya yang mengandung pesan kritik sosial. Lagu-lagu yang dibawakan oleh Iksan Skuter sangat enak untuk didengarkan sambil bersantai, apalagi jika ditemani secangkir kopi.

Salah satu lagunya yang paling populer adalah “Bingung.” Lagu tersebut bercerita bahwa dalam hidup ini kita serba salah, selalu saja ada titik untuk dikritik bahkan dicaci-maki, tidak ada yang benar menurut orang-orang. 

3. Enau

Enau adalah adik kandung dari Ari Lesmana, personil Fourtwnty. Gaya bermusiknya sedikit banyak dipengaruhi oleh sang kakak. Karya-karyanya terdengar enak didengar dan membuat pendengarnya ketagihan.

Selain karena alunan nadanya yang enak didengar, lirik yang menggelitik karena mengandung kritik sosial hingga sindiran juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Enau. Tidak heran jika banyak orang yang menyukai karyanya. Salah satu lagunya yang berjudul “Negara Lucu” bercerita tentang sifat orang-orang yang sering kita jumpai sehari-hari

4. Mocca

Band atau musisi indie asal Bandung ini sudah tidak asing lagi bagi penikmat musik tanah air. Karya-karyanya sudah banyak diproduksi dan disukai oleh banyak orang, tidak hanya di dalam negeri namun juga sampai manca negara. 

5. Reality Club

Reality Club terbentuk tahun 2016 dengan vokalis Fathia Izzati yang juga seorang konten kreator yang sering membuat cover lagu di YouTube. Kini, band indie ini sudah melahirkan beberapa lagu yang populer hingga ke luar negeri.

Itu dia lima rekomendasi musisi indie yang harus kamu dengar karyanya. Karya-karya mereka dapat didengar melalui kanal Youtube maupun aplikasi streaming musik seperti Spotify. Selamat menikmati!

BACA JUGA  Konser Pertama 2AM dalam 9 Tahun Ditunda Setelah Jo Kwon Positif COVID-19



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/