Inspirasi

5 Usaha agar Cepat Mendapatkan Pekerjaan, Hindari Gengsi!

Menganggur adalah hal yang membosankan. Namun nyatanya, mencari pekerjaan di masa-masa sekarang memanglah tidak mudah. Di samping itu, hidup terus berlanjut. Perut tetap harus diisi, uang harus tetap ada untuk anak istri. Ketika sudah memiliki tanggungan sendiri, rasanya memang lain. Berbeda ketika masih bujangan dan masih tinggal bersama orang tua, menganggur pun tetap bisa makan esok harinya. Begitulah hidup, ada saja jalan Tuhan untuk membuat manusia menjadi dewasa.

Jangan pernah menyerah untuk mencari pekerjaan jika belum menemukannya. Asal mau usaha, pasti ada saja rezekinya, kok. Nah, beberapa hal di bawah ini adalah usaha agar kamu cepat dapat kerja.

1. Tidak gengsi

Gengsi masih menjadi salah satu kendala terbanyak setiap orang untuk menemukan pekerjaan. Misalnya, karena lulusan kampus A sehingga merasa gengsi untuk bekerja di perusahaan X. Karena memiliki pengalaman kerja di industri B sehingga merasa gengsi untuk menjadi karyawan swasta. Gengsi, tidak harus selalu di turuti. 

Orang cenderung mencari pekerjaan sesuai dengan keinginannya sendiri. Padahal, tidak mengapa untuk keluar dari zona nyaman dan membuktikan bahwa dalam bidang apapun, kita akan menunjukan sisi terbaik yang kita miliki. Riwayat pekerjaan yang beragam membuat kita memahami asinnya garam. Jangan pernah takut untuk mencoba hal baru, ya!

2. Mau mencari informasi

Ada perumpamaan ‘kalau ada kemauan, pasti ada jalan’. Begitu juga dengan mencari pekerjaan. Seringkali orang merasa sudah cukup dengan mengirim lamaran kerja ke satu atau dua instansi, padahal jangan berhenti sampai disitu. Carilah informasi sebanyak mungkin. 

Kini, di tengah teknologi yang kian canggih. Dengan mudah terpampang banyak informasi lowongan pekerjaan di berbagai sosial media, artikel, bahkan terkadang sampai dicantumkan dalam sebuah iklan. Kalau kamu hanya menganggap semua itu sebagai angin lalu, kesempatan pun berlalu. Tapi jika kamu memanfaatkan setiap kesempatan yang ada, bisa jadi satu dari sekian banyak informasi yang kamu dapatkan adalah jalan rezeki dari Tuhan. 

BACA JUGA  10 Ide Memanfaatkan Anting Rusak, Dekorasi hingga Aksesoris

3. Membuka pertemanan seluas mungkin

Kalau kamu pengangguran, jangan hanya berteman dengan pengangguran. Cobalah untuk mendekati teman-teman yang sudah bekerja. Apalagi, kalau kamu punya skill yang bisa dibanggakan dan temanmu mengetahui hal itu, bisa jadi kamu menjadi salah satu rekomendasi ketika perusahaan atau tempat bekerja temanmu membutuhkan tambahan pekerja. 

Bodo amat kalau ada yang mengatakan bahwa kamu adalah teman yang mendekat karena ada butuhnya. Sebab, memang begitulah salah satu usaha untuk mendapatkan pekerjaan. Hidup itu memang berputar. Bisa jadi, dulu ketika bersekolah kamu adalah siswa yang unggul dan pandai. Namun nasib menjadikanmu sulit mendapatkan pekerjaan. Di sisi lain, temanmu mungkin tidak begitu unggul saat bersekolah, tapi nasib membawanya untuk bekerja di tempat yang terpandang. Tidak mengapa, hidup terus berjalan. Semoga suatu saat nanti ketika kamu sudah memiliki pekerjaan, kamu pun bisa membantu temanmu yang sedang membutuhkan pekerjaan. 

4. Tingkatkan kemampuan

Meningkatkan kemampuan adalah salah satu usaha yang harus dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan. Misalnya, kamu sebelumnya hanya ahli dalam urusan akuntansi, tidak mengapa untuk mencoba kursus menjahit, teknologi,  kesehatan atau yang lainnya. Dengan mengikuti kursus, kamu bisa mendapatkan sertifikasi. Dengan begitu, kamu memiliki bekal untuk mencoba pekerjaan di luar zona nyamanmu sendiri. 

5. Berdoa

Di samping usaha yang harus terus digencarkan, jangan lupa untuk mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Karena di tangan-Nya lah segala sesuatu di tetapkan. Kamu harus mempercayai segala rencana baik yang sudah Tuhan persiapkan untukmu di masa depan. Jangan pernah merasa putus asa, ya!

Itu dia 5 usaha untuk lekas mendapat pekerjaan. Tetap semangat!



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/