Inspirasi

5Ds, Langkah-Langkah yang Harus Dilakukan Ketika Melihat Kekerasan Seksual

Bystander Intervention 5D’s dilakukan untuk mencegah atau menghentikan kekerasan seksual melalui keterlibatan seseorang atau kelompok untuk membantu meningkatkan rasa aman di ruang publik.

Intervensi ini harus dilakukan dengan mementingkan keamanan dari bystander dan korban. Namun, sebelum melakukannya mungkin kamu harus menggunakan D yang berbeda tergantung dengan situasinya. 

Apa saja yang termasuk dalam 5D dan apa yang harus dilakukan jika melihat kekerasan seksual yang sedang terjadi di depan mata?

Berikut 5D’s, langkah-langkah yang harus dilakukan ketika melihat kekerasan seksual:

1. Direct

Direct berarti tegur pelaku secara langsung. Tegur pelaku untuk meninggalkan korban atau tanyakan pada korban apa yang sedang terjadi. Namun, tetap perhatikan keselamatanmu dan korban, serta jangan sampai kamu malah terlibat dalam argumen dengan pelaku. 

2. Distract

Distract berarti menggagalkan kejadian dengan menginterupsi atau mengalihkan perhatian. Distraksi dapat dilakukan dengan berpura-pura untuk bertanya arah atau waktu, dimana letak ATM terdekat, atau berdiri di dekat mereka pun dapat menjadi distraksi. Jangan lupa untuk perhatikan posisimu, korban, dan pelaku.

3. Delegate

Delegate atau meminta tolong pada pihak lain dapat dilakukan dengan memberitahu orang di sekitarmu dan tanyakan apakah mereka bisa membantu. Perhatikan apakah ada orang di sekitarmu yang dapat membantu, contohnya petugas keamaan, barista, atau polisi.

4. Delay

Menghampiri orang yang baru saja mengalami pelecehan. Tanyakan kepada mereka apa yang dapat kamu bantu atas apa yang terjadi. Jangan lupa untuk menunjukkan dukunganmu kepada mereka, serta katakan bahwa hal yang terjadi bukanlah hal yang benar dan bukan salah korban.

5. Document

Mendokumentasikan kejadian sebagai bukti perlu untuk dilakukan dan dapat sangat membantu korban. Dokumentasi dapat berupa foto maupun video, kemudian berikan dokumentasi ini kepada korban. Jangan pernah menyebarkan dokumentasi atau menggunakannya tanpa persetujuan dari korban. Tanyakan kepada korban apa yang ingin mereka lakukan dengan dokumentasi itu.

BACA JUGA  10 Fakta Pakaian Adat Papua, dari Bahan Hingga Aturan Memakainya

Itulah 5 langkah yang harus dilakukan jika kamu melihat kekerasan seksual yang terjadi. Latih dirimu untuk lebih peka terhadap orang-orang yang memerlukan bantuan, namun kamu harus memastikan bahwa kamu selamat sebelum kamu menolong orang lain.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/