Inspirasi

6 Hal yang Harus Dilakukan sebelum Meninggalkan Rumah, Jangan Sampai Lupa!

Rumah memang merupakan tempat untuk kita pulang setiap hari. Setelah melakukan berbagai aktivitas dan kegiatan sehari-hari, rumah menjadi tujuan untuk disinggahi. Rumah menjadi tempat untuk berteduh dan beristirahat yang aman bagi keluarga.

Namun, ada saatnya rumah terpaksa ditinggalkan oleh keluarga pemiliknya untuk beberapa waktu karena berbagai alasan, entah itu tugas pekerjaan, mudik atau pulang kampung, dan lain sebagainya.

Nah, untuk menjaga rumah tetap aman saat ditinggalkan, rumah tidak boleh ditinggal begitu saja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Berikut ini adalah 6 hal yang harus dilakukan sebelum meninggalkan rumah untuk beberapa waktu.

1. Membereskan Barang

Jangan meninggalkan rumah dalam keadaan berantakan. Barang-barang yang berserakan di rumah dapat memancing tikus untuk tinggal atau sekadar menggigiti barang-barang tersebut sampai rusak. Kita tentu tidak ingin rumah yang kita tinggalkan justru berubah menjadi rumah tikus. Selain tikus, hewan-hewan seperti kecoa dan serangga lainnya juga senang tinggal di tempat yang berantakan.

Selain itu, jika kita meninggalkan rumah dalam kondisi berantakan, kita harus membereskannya setelah kembali ke rumah. Belum lagi ditambah harus membereskan barang bawaan kita. Kita jadi tidak dapat beristirahat dengan nyaman.

2. Mematikan Kompor dan Barang Elektronik 

Meninggalkan rumah dengan kompor menyala adalah tindakan sembrono sekaligus berbahaya. Jangan sampai rumah yang kita tinggalkan hanya menyisakan puing-puing karena kebakaran.

Selain kompor, barang-barang elektronik juga harus kita matikan. Kipas angin, kulkas, dan televisi seringkali lupa kita matikan. Selain membuat pengeluaran listrik jadi membengkak, tindakan ini dapat berakibat pada kebakaran karena hubungan arus pendek atau korsleting listrik.

3. Menyimpan Barang Berharga

BACA JUGA  20 Pantun Romantis untuk Menyatakan Cinta dengan Cara Unik

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan barang-barang berharga sudah disimpan di tempat yang aman. Barang-barang tersebut seperti surat-surat penting, uang, maupun perhiasan. Simpan di tempat yang tertutup seperti lemari maupun rak yang dikunci.

Tindakan ini berfungsi untuk mencegah barang-barang tersebut hilang atau rusak. Selain bisa hilang karena dibawa perampok, barang-barang berharga dapat rusak karena dimakan tikus.

4. Menutup Lubang Kamar Mandi

Kamar mandi memiliki lubang yang terhubung pada saluran pembuangan. Saluran pembuangan ini biasanya bermuara pada selokan maupun septic tank dimana tempat tersebut menjadi sarang hewan-hewan seperti tikus, kecoa, bahkan hingga ular. 

Oleh sebab itu, pastikan lubang tersebut selalu tertutup oleh saringan maupun penutup lainnya. Hal tersebut untuk mencegah hewan-hewan dari luar masuk ke kamar mandi dan ke dalam rumah.

5. Memastikan Ada Lubang untuk Keluar-Masuk Udara

Meskipun rumah akan ditinggal, pastikan ada ventilasi udara yang terbuka. Hal ini bertujuan agar udara di dalam rumah tidak menjadi pengap dan apek. Selain itu, jika tidak ada aliran udara dapat menyebabkan jamur tumbuh subur pada barang-barang di dalam rumah seperti baju dan perabotan.

6. Mengunci Pintu dan Jendela

Terakhir dan yang paling penting namun masih sering terlupa sebelum bepergian adalah mengunci pintu dan jendela. Hal ini tentu bertujuan agar rumah kita aman saat ditinggalkan. 

Demikianlah enam hal yang harus dilakukan sebelum meninggalkan rumah dalam waktu tertentu. Jangan sampai lupa, ya!



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/