Inspirasi

6 Tanda Cinderella Complex Syndrome, Takut Hidup Mandiri!

Ternyata, Cinderella bukan cuma nama salah satu tokoh princess dari Disney, lho! Cinderella juga termasuk salah satu nama sindrom!

Cinderella complex adalah salat satu sindrom yang ditandai ketika seorang gadis mempunyai sikap super manja dan terlalu bergantung kepada orang lain, dengan kata lain, sindrom ini mengacu pada anak perempuan yang tidak bisa hidup mandiri dan selalu ingin dibantu orang lain. 

Berikut ini adalah beberapa tanda seseorang mengalami Cinderella Complex Syndrome:

1. Cemas dan khawatir ketika harus hidup sendiri

Karena terlalu terbiasa dilayani dan dipenuhi semua keinginannya, seorang anak perempuan yang mengalami Cinderella Complex Syndrome akan merasa cemas dan khawatir ketika dituntut untuk hidup secara mandiri. Mereka akan kebingungan dan tidak bisa membayangkan bagaimana jika harus hidup seorang diri.

2. Takut keluar dari zona nyaman

Tanda lainnya bahwa seorang anak perempuan mengalami Cinderella Complex Syndrome adalah perasaan takut keluar dari zona nyaman. Ia ingin terus-menerus berada di kondisi sekarang, sebuah kondisi stabil dan stagnan di mana ia terus dilayani dan dipenuhi segala kebutuhannya tanpa perlu berusaha lebih.

3. Selalu bergantung kepada orang lain

Karena terbiasa dimanja dan tidak pernah berusaha lebih untuk mendapatkan sesuatu, biasanya anak perempuan yang mengalami sindrom ini akan selalu bergantung dan mengandalkan orang lain, terutama kedua orang tuanya. Ia akan merasa tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

4. Sulit mengambil keputusan besar dalam hidup

Pada suatu waktu, seseorang pastinya akan dihadapkan pada pilihan hidupnya yang mau tidak mau harus dia putuskan sendiri. Anak perempuan dengan sindrom ini akan kesulitan ketika dihadapkan pada situasi demikian. Hal ini karena mereka menjalani hidup sesuai dengan arahan orang terdekat dan tidak pernah mencoba mengambil keputusan sendiri sejak kecil.

BACA JUGA  Banyak Spot Instagramable, Intip 10 Potret Suasana Youtube Space di London

5. Selalu menganggap diri sendiri lemah 

Cinderella Complex Syndrome dapat menyebabkan seseorang menganggap dirinya sendiri sebagai sosok yang lemah dan tidak bisa melakukan apa pun tanpa bantuan dan kehadiran orang lain. Hal ini terjadi karena kebiasaan sejak kecil yang selalu dimanja dan dipenuhi segala keinginannya.

6. Merasa kurang percaya diri

Akibat dari selalu menganggap diri sendiri lemah dan tidak bisa melakukan apa pun adalah munculnya perasaan kurang percaya diri. Mereka tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup sehingga cenderung sulit ketika berinteraksi sosial dengan orang lain.

Itulah enam tanda bahwa seseorang sedang mengalami Cinderella Complex Syndrome. Apakah kamu pernah berada pada kondisi tersebut?



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/