Inspirasi

Jangan Mudah Baper! Ini 4 Tips Menghadapi Kritikan di Tempat Kerja

Dalam hidup ini tidak semua yang kamu harapkan akan berjalan dengan mulus. Begitu pun dengan berbagai hal yang kamu lakukan dengan cukup baik belum tentu dapat diterima oleh semua orang.

Bahkan ada pula yang masih menganggapnya ‘kurang’ karena hal-hal tertentu. Mungkin di tempat kerja kamu pernah atau justru sering mengalami kritikan dari rekan kerja ataupun atasan.

Meskipun kritikan tersebut sekadar teguran kecil, tetapi ada kalanya perasanmu merasa tidak baik, bukan? Bahkan, tak sedikit orang  yang jadi baper karena diberi kritikan dan mungkin termasuk dirimu. 

Nah, agar kamu tidak mudah baper ketika mendapatkan kritik dari orang-orang di lingkungan kerja, ada beberapa cara mudah yang dapat kamu lakukan.

Berikut 4 tips menghadapi kritikan di tempat kerja:

1. Ingat Bahwa Kritik Bukan Sebuah Serangan

Sebaiknya kamu tidak menunjukkan emosi ketika mendapatkan kritikan di tempat kerja. Ingatlah kalau sebenarnya kritikan itu bukanlah sebuah serangan dari orang lain kepadamu. Jadi kamu harus dapat meredam emosi negatif tersebut dan jangan sampai menunjukkan respons apapun kepada mereka.

Sebab jika kamu memberikan respons terlebih dengan kata-kata konfrontasi, ini hanya akan memperburuk citra dirimu. Jadi tetaplah bersikap tenang dan profesional dalam mengahadapi kritik.

2. Lakukan Introspeksi Diri

Ketika kamu menerima kritikan dari rekan kerja ataupun atasan, sebaiknya sinkirkan egomu sejenak dan lakukanlah introspeksi diri. Coba pahami apakah yang mereka katakan ada benarnya.

Jujurlah pada dirimu sendiri tentang kebenaran tersebut, karena tidak semua orang yang memberikan kritik itu benci atau tidak menyukaimu. Terkadang kritikan yang diberikan kepadamu hanya karena mereka tidak setuju dengan keputusanmu. Atau karena mereka memang berharap kamu bisa berubah menjadi lebih  baik. 

BACA JUGA  Minimal Setahun Sekali, 10 Bagian Rumah yang Harus Dibersihkan

3. Mengambil Sisi Positifnya

Meskipun menerima kritikan bukanlah hal yang mudah, tetapi ketika orang lain menunjukkan respons terhadap kinerjamu walaupun itu sebuah kritikan, maka kamu harus menerimanya. Bagaimana pun orang tersebut hanya menyampaikan penilaiannya kepadamu.

Meskipun kamu tidak mengharapkan respons dengan sebuah kritikan, tetapi jangan mudah baper. Akan lebih baik kalau kamu bisa mengambil sisi positifnya. Karena ini akan membantu kamu untuk belajar dan berkembang.

4. Berpikir dengan Objektif

Kalau kamu mendapatkan kritikan, jangan langsung mengambil kesimpulan dan membiarkan emosi mengendalikan dirimu. Pikirkan baik-baik apakah kritikan tersebut akurat atau justru sebaliknya.

Jika dirasakan kritikan itu tidak akurat, kamu bisa mencoba bertanya kepadanya untuk mendapatkan penjelasan lebih detail. Akan tetapi sebelum bertanya ada baiknya kalau kamu sudah dalam keadaan siap mental agar tidak merasa emosi.

Apakah kamu bisa melakukan beberapa tips ini ketika mendapakan kritik dari orang-orang di lingkungan kerja? 



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/