Inspirasi

Menjalin Hubungan Asmara Sehat, Ini 5 Manfaat yang Kamu Dapatkan

Setiap manusia pasti memiliki keinginan untuk lebih dekat dengan lawan jenis dan memiliki kebutuhan untuk dicintai. Hubungan asmara yang kita miliki sangatlah berpengaruh terhadap kesehatan mental, emosional, bahkan keberlangsungan hidup kita. Sebuah hubungan dapat dikatakan positif, jika keduanya saling mendukung dan membantu satu sama lain. Bagian terpenting dari hubungan yang sehat, adalah komunikasi yang sehat juga.

Melansir dari Northwestern Medicine, berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan dari hubungan asmara yang sehat!

1. Mengurangi stres

Memiliki seseorang yang mencintaimu dan memberikan dukungan terhadap dirimu ketika kamu sedang menjalani hari-harimu, meskipun sosoknya tidak hadir secara fisik, hal itu dapat menjadi salah satu faktor dalam menjaga kesehatan mental. Ketika kamu memiliki seorang pasangan, berbagai keluh kesah dan masalah yang kamu hadapi, dapat kamu ceritakan padanya. Sehingga beban pikiran dan stres yang kamu miliki, secara tidak langsung akan berkurang karena kamu memiliki seseorang yang kamu cintai untuk tetap mendukungmu dalam setiap masalah yang kamu hadapi.

2. Sebagai pendukung dalam proses pengobatan

Memiliki pasangan yang mengingatkanmu untuk selalu minum obat tepat waktu dan menyemangatimu dalam menjalani proses penyembuhan, akan terasa berbeda jika dilakukan oleh orang lain. Kamu akan lebih termotivasi, karena ditemani oleh sosok yang kamu cintai. Pasangan mu juga akan membantu mengalihkan pikiran mu dari rasa sakit yang sedang kamu alami usai pembedahan atau proses pengobatan lainnya. Penelitian menunjukkan, hubungan jangka panjang yang kamu miliki dapat membuatmu merasa lebih percaya diri untuk proses penyembuhan yang lebih cepat.

3. Merubah perilaku menjadi lebih sehat

Berada dalam sebuah hubungan asmara, kemungkinan besar pasanganmu akan mengatur gaya hidupmu secara keseluruhan. Seperti, mengatur makanan mu agar lebih sehat, tidak merokok, mengingatkan untuk berolahraga, dan lain sebagainya. Maka, kemungkinan besar kamu akan mengikuti perintahnya, dan perlahan kebiasaan gaya hidup buruk yang kamu jalani akan berubah menjadi lebih sehat.

BACA JUGA  Kreatif, 10 Inspirasi Mengubah Kalung Rusak Jadi Barang Baru

4. Memiliki dukungan sosial

Manusia, pada dasarnya adalah makhluk sosial yang membutuhkan manusia lainnya juga. Kita sebagai manusia perlu sosok sebagai tempat untuk mencurahkan perasaan kita, bercerita tentang bagaimana hari yang kita jalanin, kekesalan, dan kesedihan. Jika kamu sedang menjalin hubungan asmara, maka pasanganmu adalah orang yang tepat. Kamu akan diberikan dukungan secara emosional dan berupa nasihat bijak yang mungkin akan membuat kecemasanmu menjadi lebih tenang. Dengan begitu kamu akan merasa lebih sejahtera secara emosional.

5. Hidup lebih lama

Penelitian mengatakan, bahwa orang yang memiliki ikatan sosial yang kuat, seperti hubungan asmara. Berkemungkinan besar akan hidup jauh lebih lama dan bahagia dibandingkan dengan orang yang hidup sendirian. Mengutip WebMD, kurangnya memiliki hubungan sosial sama saja dengan kamu merokok hingga 15 batang sehari.

Itulah tadi beberapa manfaat yang didapatkan dari hubungan asmara yang sehat. Bagaimana, kamu tertarik membangunnya?



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/