Inspirasi

Tips agar Tetap Setia saat Menjalani LDR

Jika kita bertanya tentang sebab apa saja yang membuat suatu hubungan pacaran atau pernikahan itu putus atau bercerai, maka jawaban yang sering muncul ialah karena jarak yang jauh atau Long Distance Relationship (LDR) diantara pasangan yang sedang memadu kasih. Jarak yang jauh di sini tentu punya makna yang beragam, entah jarak yang terpisah antar kota, negara, atau bahkan benua. 

Bahkan, hubungan akan terhenti bila jarak yang jauh ini ditambah dengan waktu yang cukup lama memisahkan mereka. Konsekuensi  pertanyaan dari hal tersebut, adalah apakah memang suatu pasangan sulit bertahan jika harus melewati LDR? Tulisan ini akan coba menjawab pertanyaan tersebut, singkatnya jawabannya adalah tergantung, tergantung bagaimana suatu pasangan bisa bersikap untuk melewati fase LDR ini.  Penulis akan menjelaskan 3 tips agar bisa bertahan dan tetap setia dengan pasangan, ketika kita diharuskan untuk melalui fase yang kata sebagian orang sangat-sangat berat. 

1. Bisa Memahami Kondisi Pasangan

Tips pertama adalah rasa saling pengertian. Biasanya pasangan yang sedang menjalani LDR, akan meminta waktu yang banyak untuk dihabiskan bersama-sama, entah itu melalui chat, telepon, ataupun video call. Masalahnya adalah ketika salah satu pasangan sedang sibuk mengerjakan tugasnya atau pekerjaan kantornya, maka sebaiknya pasangan yang ingin meminta waktu lebih bisa memahami kondisi pasangannya.

Kata-kata yang menyejukan seperti “Oh iya nanti kalau sudah selesai, kabarin aku yah” atau “Semangat yah ngerjain tugasnya, aku tetap nunggu kamu kok”. Inilah kalimat-kalimat yang seharusnya dikatakan ketika pasangan kita sedang sibuk dalam dunia kerja atau kuliahnya.  Satu catatan penting bahwa mereka melakukan itu semua sebagai upaya untuk menata masa depannya bersama kalian juga pada akhirnya. 

BACA JUGA  Mirip Lukisan, 10 Potret Sulaman Bergambar Lanskap Pemandangan

2. Menjaga Komunikasi

Hal yang tidak kalah penting, dan tidak terpisahkan selain memahami kondisi pasangan adalah selalu menjaga komunikasi. Dalam LDR satu-satunya cara agar tetap merasa disatukan dalam suatu hubungan adalah dengan komunikasi. Jarak yang jauh membuat raga dari setiap pasangan yang menjalani LDR terpisah satu sama lainnya, maka dari itu penting untuk setiap pasangan tetap menjaga komunikasi sebaik mungkin.

Bagaimanapun kesibukan kita dan pasangan, kita tetap harus selalu mencoba mengabari kondisi masing-masing. Usahakan untuk selalu memberi kabar ketika bepergian, agar pasangan kita tetap merasa dihargai. Hal-hal sederhana seperti mengatakan “Aku udah mau pulang kerja” “Aku lagi makan nih sama teman kantor” ataupun menanyakan tentang bagaimana si dia menjalani harinya “Aktivitas kamu apa aja hari ini?”. Kalimat-kalimat sederhana inilah yang harusnya selalu dijaga dalam setiap komunikasi dengan pasangan jika ingin tetap langgeng selamanya.

3. Kepercayaan Sangat Diperlukan

Satu hal terakhir yang tidak kalah penting adalah saling percaya.  Kepercayaan sangat penting dalam suatu hubungan, apalagi ketika menjalani LDR. Pasangan yang jauh membuat kita tidak bisa mengawasinya seperti halnya pasangan yang tidak menjalani LDR. Jika ada kecurigaan atau kecemburuan dengan pasangan jangan langsung menanyakannya  dengan emosi, tetapi mencoba untuk bertanya dengan kalimat yang baik dan sopan, karena belum tentu kecurigaan dan kecemburuan kita benar adanya.

Rasa saling percaya pada pasangan bahwa mereka akan menjaga hubungan kita perlu untuk ditanamkan secara terus-menerus, tetapi ingat rasa saling percaya bukan berarti kita melakukan sikap permisif dari segala kesalahan yang dilakukan pasangan kita. Kuncinya adalah menetapkan batas-batas di mana sikap pasangan kita masih dianggap wajar, jika sudah melewati batas wajar yang kita pahami, sebaiknya kita mendiskusikan dengan baik dan hati-hati kelanjutan dari hubungan kita itu. 

BACA JUGA  Sejarah Vending Machine, Mesin Jual Otomatis yang Populer di Jepang

Itulah beberapa tips yang saya sarankan untuk pasangan yang sedang menjalani LDR. Ketiga hal ini saling tidak terpisahkan satu sama lainnya. Oleh sebab itu ketiga hal ini perlu dilihat sebagai satu kesatuan agar LDR kita tetap langgeng.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/