Inspirasi

Wajib Tahu! Ini 5 Tips Tingkatkan Empati di Dunia Kerja

Empati bisa dikatakan sebagai suatu kemampuan untuk mengenali perasaan orang lain dan ikut merasakan apa yang mereka rasakan. Dalam dunia kerja, empati ternyata memiliki peran penting.

Empati dapat membantumu untuk memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitarmu. Apalagi dalam sebuah tim, kamu akan dituntut untuk memiliki hubungan dengan banyak orang.

Secara otomatis, empati sangat berperan penting untuk meraih kesuksesan. Yuk intip tips-tips untuk meningkatkan empati di dunia kerja!

Berikut 5 tips tingkatkan empati di dunia kerja:

1. Aktif Mendengar

Active listening merupakan salah satu kunci penting dalam rangka meningkatkan empati. Tak dapat dipungkiri banyak orang yang mendengar untuk memperbaiki dan ikut campur dibanding mendengar untuk belajar memahami.

Terkadang, yang relasimu butuhkan hanya telinga untuk mendengar dan bukan mulut untuk memberi ceramah dan nasihat. Namun ketika mereka meminta pendapat dan solusimu, kamu bisa ungkapkan dengan hati-hati sehingga tidak menyinggung perasaannya.

2. Batasi Toxic Positivity

Apakah kamu kerap memberikan nasihat untuk berpikir positif kepada temanmu yang sedang curhat? Mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut.

Temanmu pasti merasa tak betah. Bukannya merasa lega, justru kalimatmu secara tak langsung menyalahkan mereka dan membuat mereka tersimggung. Kehadiranmu tentu sudah sangat cukup bagi mereka. Jadi tak perlu menambahi dengan ucapan positif yang malah toksik.

3. Fokus Pada Komunikasi

Rapat bulanan merupakan salah satu hal yang penting. Hal ini bertujuan untuk meneguhkan tujuan, visi, misi perusahaan agar sejalan dengan visi misi pekerjanya.

Pada pertemuan ini juga, kamu dapat membuka sesi sharing untuk saling berbagi keluh kesah dan tantangan pekerjaan. Siapa tahu dengan cara ini, kamu bisa menemukan solusi dari suatu permasalahan secara bersama-sama.

BACA JUGA  Ada yang Serba Emas, 10 Potret Toilet dengan Desain yang Keren

4. Perluas Koneksi Sosial

Empati juga bisa tumbuh ketika kita melihat kehidupan orang-orang yang berbeda dari kita. Jadi salah satu cara untuk meningkatkan empati adalah dengan memperluas koneksi sosialmu. Jangan mau dibatasi oleh circle tertentu yang akan terasa sangat mengekang.

Dengan cara ini, kamu nantinya akan dihadapkan dengan lingkungan, masalah, dan tantangan baru serta belajar cara untuk menghadapinya. Tentunya ini adalah pengalaman hidup yang berharga.

5. Latih Kuriositas

Di zaman modern seperti sekarang, manusia cenderung bersikap egois dan individualis. Tanpa disadari, inilah salah satu penyebab hilangnya empati kepada orang lain. Kamu harus berinisiatif mencari tahu agar bisa berinteraksi lebih dekat dengan orang lain.

Hindari melakukan penghakiman, kritik, dan kebiasaan menyalahkan orang tanpa alasan. Inilah pentingnya empati dan kuriositas, sehingga kamu tidak asal memberi opini, tapi berusaha mencari tahu kebenaran di balik pilihan atau sikap seseorang.

Itulah tips meningkatkan empati di dunia kerja, semoga bermanfaat.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/