Aneka Ragam

4 Tips Menumbuhkan Semangat saat Kamu sedang Merasa Rendah Diri

Ada banyak penyebab kenapa kamu bisa rendah diri, di antaranya sering dibanding-bandingkan orang tua, sering mendapat kritikan, atau mendapat perlakuan pilih kasih.

Perasaan rendah diri memang enggak bisa dihilangkan dalam sekejap. Akan tetapi, dengan konstan berpikir posisif dan berusaha mencintai diri sendiri, lama-lama kamu pun bisa menjadi sosok yang percaya diri.

Saat perasaan rendah diri itu tiba, ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan supaya bisa semangat lagi. Let’s check it out!

1. Ingat kembali apa yang sudah kamu capai selama ini

Ketika pikiran negatif itu datang, memang mudah terjebak dalam perasaan rendah diri. Salah satu tips mengatasinya, yakni dengan mengingat-ingat kembali pencapaian apa saja yang sudah kamu raih selama ini.

Hal yang penting kamu ingat, pencapaian di sini enggak harus menjadi peringkat satu di kelas atau semacamnya. Bisa pula ketika kamu berhasil menghilangkan kebiasaan malasmu untuk bangun pagi. Atau ketika diterima di sekolah negeri setelah perjuangan berat untuk bisa lolos seleksi. Itu pencapaian juga, lho!

2. Ingatkan diri kalau setiap orang punya kelebihan dan kekurangan

Memang mudah menghakimi diri enggak punya kelebihan apa-apa ketika membandingkan dengan orang lain yang memiliki raihan wah dalam hidup ini. Namun, kamu lupa kalau tiap orang punya kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Itu sebabnya enggak perlu membandingkan kehidupanmu dengan orang lain. Setiap orang punya jalan hidup serta karakter masing-masing. Jadi, tak perlu lagi silau dan merasa terintimadasi dengan pencapaian orang lain, ya!

3. Ubah pergaulan

Bergaul di lingkungan yang salah bisa jadi penyebab kamu rendah diri, lho! Sebagai contoh, lingkungan kerja atau lingkaran pertemananmu sering banget mengkritisi.

BACA JUGA  Kisah Balas Dendam Masa Lalu, Ini 5 Alasan Wajib Nonton Drama Korea Bulgasal

Supaya kamu enggak lagi merasa rendah diri, cobalah mengubah pergaulan. Cari teman yang positif dan bisa mendukungmu. Bukan teman yang hobinya menjatuhkanmu.

4. ‘Puasa’ dari media sosial

Setiap orang memang berhak untuk memamerkan keindahan hidupnya. Kamu enggak bisa melarang itu. Akan tetapi, kamu punya berhak memutuskan untuk menenggakses hidup mereka atau engenggak.

Bila dirasa setelah melihat kehidupan orang lain yang terpampang di media sosial membuat mentalmu berantakan, maka ‘puasa’ dulu dari menenggaksesnya. Fokuskan saja pada pengembangan dirimu.

Itulah empat tips menumbuhkan rasa semangat saat kamu merasa rendah diri. Semoga dengan uraian tadi bisa membantumu ke luar dari perasaan rendah diri. Ingat, ya, setiap orang termasuk kamu berharga, lho!



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/