Aneka Ragam

5 Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi Selain Susu, Kamu Harus Tahu!

Hampir setiap orang tahu jika susu mempunyai kandungan kalsium yang tinggi. Kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan serta pemeliharaan gigi dan tulang. Selain daripada itu, kalsium juga tetap diperlukan untuk mendukung fungsi sistem saraf, pembekuan darah, dan kontraksi otot.

Namun, bukan hanya susu saja, masih ada berbagai makanan mengandung kalsium tinggi yang juga baik untuk kesehatan. Disadur dari Alodokter, berikut beberapa makanan yang mempunyai kandungan tinggi kalsium.

1. Ikan Salmon

Ikan salmon diketahui sebagai salah satu makanan yang mengandung kalsium tinggi. Biasanya di dalam ikan salmon terdapat kurang lebih 40 mg kalsium. Ikan yang terkenal dengan harga mahal ini bukan hanya mengandung kalsium, tapi juga mempunyai kandungan vitamin D yang baik dalam membantu meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

2. Pakcoy

Tentunya kamu tidak asing lagi dengan pakcoy, bukan? Sayuran yang satu ini memang memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Selain itu pakcoy juga mengandung vitamin K dan magnesium. Kamu bisa memperoleh manfaat kalsium dari pakcoy dengan cara mengukus, menumis, dan merebusnya.

3. Brokoli

Siapa pun tahu kalau brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat baik untuk kesehatan. Pasalnya, dalam 50 gram brokoli terdapat sekitar 30 mg kalsium. Sementara, makanan yang mengandung kalsium ini bisa kamu konsumsi sebagai camilan sehat dengan cara merebusnya terlebih dahulu.

Akan tetapi, kamu perlu ingat agar tidak terlalu lama dalam merebusnya untuk menjaga kandungan vitamin serta mineral yang terdapat di dalamnya.

4. Tahu

Tahu juga dikenal sebagai salah satu sumber protein yang baik. Bukan hanya itu saja, tahu juga mempunyai kandungan kalsium tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. Umumnya pada 260 gram tahu terkandung setidaknya 832 mg kalsium. 

BACA JUGA  Belajar Menghargai Kepercayaan Terhadap Mitos Leluhur Melalui Film "Inang"

5. Kacang Almond

Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang tinggi akan kandungan kalsiumnya. Dalam 15 gram kacang almond terdapat hingga 40 mg kalsium yang bisa kamu peroleh.

Memenuhi kebutuhan kalsium harian akan membantu menjaga kesehatan tubuh. Sementara, kurangnya kalsium akan berisiko rentan mengalami permasalahan kesehatan, seperti rakitis dan osteoporosis. Sedangkan pada anak-anak, kurangnya asupan kalsium justru dapat menyebabkan terhambatnya tumbuh kembang.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/