Aneka Ragam

8 Pengertian Cinta dalam Kitab Suci Alquran

Cinta itu bermacam-macam. Oleh karena itu, dalam hal mencintai kita harus memiliki landasan yang kuat, sebab cinta yang paling utama adalah cintanya orang-orang yang saling mencintai karena Allah.

Mencintai seseorang karena Allah, bukan karena ilmu, keturunan, harta, kecantikan, bukan pula karena berharap sesuatu di balik cintanya, merupakan derajat cinta yang tinggi. Di dalam Alquran disebutkan bahwa cinta itu mempunyai delapan pengertian, yaitu:

1. Mawaddah

Mawaddah adalah jenis cinta menggebu-gebu dan membara. Orang yang memiliki cinta jenis mawaddah, maka ia selalu ingin dekat dengan yang dicintai. Ia tidak mau berpisah dan selalu ingin memuaskan dahaga cintanya bersama orang yang dicintainya.

2. Rahmah

Rahmah merupakan jenis cinta yang penuh kasih sayang, dan kelembutan. Ia akan siap berkorban dan memberikan perlindungan maksimal terhadap orang yang dicintainya. Ia lebih memperhatikan orang yang dicintainya daripada orang lain, bahkan ketimbang dirinya sendiri.

3. Mail

Mail adalah jenis cinta yang dalam waktu sementara sangat membara, sehingga menyedot seluruh perhatian hingga melupakan hal-hal yang lain. Cinta jenis ini dalam Alquran disebut dalam konteks poligami di mana ketika sedang jatuh cinta kepada yang muda, cenderung melupakan istri tua. 

4. Syagaf

Syagaf merupakan jenis cinta yang sangat dalam, suci, murni, alami, dan orisinil, serta memabukkan. Orang yang merasakan cinta jenis ini bisa seperti orang gila, di mana orang itu cenderung lupa diri dan lupa daratan sehingga hampir tidak menyadari apa yang sedang dilakukannya.

5. Ra’fah

Ra’fah adalah jenis cinta dan kasih sayang yang mendalam sehingga mengalahkan norma-norma kebenaran, semisal karena saking cintanya terhadap anak, orang tua tidak tega membangunkannya untuk salat.

BACA JUGA  Jelang Napoli vs Inter Milan, Perebutan Puncak Serie A Italia

6. Shabwah

Shabwah merupakan jenis cinta buta, sebuah jenis cinta yang mendorong perilaku untuk menyimpang. Alquran menyebut istilah ini ketika mengisahkan bagaimana Nabi Yusuf berdoa agar bisa dijauhkan dari Siti Zulaikha yang setiap hari menggodanya. 

7. Syauq (rindu)

Bagian ini bukan berasal dari Alquran tetapi dari hadis yang menafsirkan Alquran. Surah Al-Ankabut ayat 5 dikatakan bahwa, “Barangsiapa mengharap (rindu) untuk berjumpa Allah pasti waktunya akan tiba.”

8. Kulfah

Kulfah adalah perasaan cinta yang disertai dengan kesadaran mendidik kepada hal-hal yang positif meski ditempuh dengan jalan yang terjal. Cinta jenis ini seperti cinta orangtua yang menyuruh anaknya membersihkan kamar sendiri, belajar, mengaji dan lain sebagainya.

Inilah delapan pengertian cinta yang terkandung di dalam Alquran. Semoga bermanfaat!



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/