Inspirasi

5 Manfaat Ketan Hitam, Biji yang Sering Diolah Menjadi Menu Manis

Ketan hitam merupakan salah satu bahan yang sering diolah menjadi makanan manis, seperti dicampur pada bubur kacang. Rasa legit membuatnya tidak jarang disediakan sebagai menu penutup.

Selain lezat, ketan hitam nyatanya mengandung beragam nutrisi yang dapat memberi banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Nah, di bawah ini ada 5 manfaat ketan hitam seperti dirangkum dari hello sehat dan alodokter.

1. Sumber Energi

Ketan hitam mengandung protein, lemak, serta karbohidrat sehingga dapat dijadikan sumber energi yang setara dengan nasi. Ditambah adanya kandungan vitamin dan mineral yang akan memelihara fungsi normal dari tubuh. Maknanya, kamu bisa terhindar dari risiko berbagai kerusakan.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Perlu diketahui jika warna ungu gelap ketan hitam berasal dari antosianin. Pigmen ini merupakan senyawa antioksidan yang tergolong dalam jenis kelompok flavonoid. Fungsi utamanya adalah untuk menangkal radikal bebas, sehingga kamu akan terhindar dari berbagai penyakit kronis, seperti kanker dan jantung.

3. Melancarkan Buang Air Besar

Susah buang air besar atau sembelit merupakan salah satu masalah pencernaan yang sering dialami banyak orang. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemenuhan kebutuhan serat harian.

Ketan hitam mengandung serat yang cukup tinggi, di mana akan membantu melancarkan buang air besar. Selain itu, dapat menjaga kesehatan usus yang mana akan menghindarimu dari masalah pencernaan lainnya, seperti diare atau radang.

4. Mencegah Terjadinya Anemia

Tubuh memerlukan zat besi untuk menghasilkan sel darah merah dan protein yang dinamakan hemoglobin. Fungsinya ini sebagai pengikat oksigen, dimana dapat meningkatkan risiko anemia jika kekurangan kandungan tersebut.

Ketan hitam diketahui memiliki zat besi yang akan membantu memproduksi sel darah dan hemoglobin menjadi lebih lancar. Mengonsumsinya sebanyak 100 gram sama dengan 4 persen kebutuhan harian.

BACA JUGA  Dailysia

5. Cocok untuk Diet

Serat pada ketan hitam juga membuatnya cocok dikonsumsi saat diet. Pasalnya, dapat membuatmu merasa kenyang lebih cepat dan tahan lama. Dengan begitu, keinginan untuk makan banyak bisa berkurang sehingga berat badan akan selalu terjaga tanpa naik secara drastis.

Itulah lima manfaat ketan hitam yang ternyata baik bagi kesehatan. Apakah kamu termasuk salah satu orang yang pernah atau bahkan sering mengonsumsinya?



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/